Penerapan IoT Pada Kehidupan Sehari – hari

Penerapan IoT di kehidupan sehari – hari menjadi perhatian pada perkembangan teknologi saat ini. Karna internet of things (IoT) dapat memudahkan pekerjaan setiap orang. Dibawah ini saya akan memberikan informasi tentang penerapan IoT pada kehidupan sehari – hari. Bingung seperti apa sih yang disebut dapat memudahkan pekerjaan ? Daripada penasaran langsung aja ya.

  1. Colokan Listrik Pintar

Penerapan IoT di Kehidupan

Colokan listrik ini memiliki koneksi wifi dan disambungkan dengan barang elektronik seperti lampu atau oven. Jadi cara kerjanya adalah, Anda bisa menghidupkan dan mematikan sambungan listrik dengan jangkauan internet pada smartphone yang sudah terhubung dengan colokan listrik.

Dengan sistem IoT ini, ketika kita berada diluar rumah dan lupa untuk mematikan lampu atau elektronik lain, kita hanya cukup matikan via smartphone yang terhubung internet.

  1. Smart Garage Door

Penerapan IoT di Kehidupan

Project IoT garasi ini dapat memonitor status pintu garasi dan sekaligus bisa membuka garasi dengan otomatis, atau fitur scanner sidik jari seperti diluar negeri. Diyakinkan sistem garasi dengan IoT ini dapat menjaga keamanan pada garasi rumah. Dan bisa memberikan pemberitahuan ketika ada yang berusaha untuk masuk dengan paksa ke garasi, atau ketika ada yang mau mencuri.

  1. Kulkas Pintar

Cara kerja dari kulkas pintar ini dengan cara, kita bisa melihat persediaan makanan dan miuman yang ada di kulkas, dengan bantuan sensor. Jadi ketika kita berada diluar, dan tau bahwa isi dalam kulkas sudah habis, dengan mengecek via ponsel kita akan tau dan segera membeli persediaan makanan.

  1. Smart Trash Can

Penerapan IoT di Kehidupan

Tempat sampah pintar ini adalah bentuk inovasi yang sangat kreatif dan dapat dijadikan rekomendasi untuk membelinya. Dengan alat ini, kita bisa mengoptimalkan pengumpulan sampah dan meminimalisir konsumsi bahan bakar.

Sistem kerja tempat sampah ini akan memberikan notifikasi ketika jumlah bak sampah dan suhu bak tidak normal. Dan sangat berguna untuk mengumpulkan sampah secara keseluruhan.

  1. Mesin Penyiram Otomatis

Inovasi berikutnya adalah mesin penyiram otomatis yang saat ini sudah ada di Jakarta, seperti di tugu tani jika Anda yang mengetahui, di bundaran tugu tani, tanaman disana sudah menggunakan teknologi ini.

Menyiramkan air secara otomatis tanpa bantuan petugas kebersihan yang menggunakan mobil untuk berkeliling. Cara kerjanya adalah dengan menetapkan jadwal penyiraman dan menghubungkannya ke jaringan wifi.

Sekian dari artikel yang saya berikan tentang penerapan IoT di kehidupan sehari – hari. Sebenarnya banyak inovasi lainnya yang menggunakan IoT.

Jika Anda berminat dengan teknologi Internet of Things, bisa hubungi Kami ya dibawah.

Whatsapp