Internet of things (IoT) dewasa ini menjadi lebih penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun bagaimana penerapan IoT dalam bisnis? Manfaat penerapan IoT sangat mengesankan  dalam segala bidang bisnis, baik dalam perawatan kesehatan, manufaktur, ritel, dll. Sekitar 94% bidang bisnis telah mengkonfirmasi perkembangan investasi IoT mereka semakin maju, terlepas dari bidang industrinya. Untuk itu dalam artikel ini, mari kita tinjau implementasi IoT yang paling efektif dalam bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan.

penerapan iot dalam bisnis

 

Internet of things memberdayakan manufaktur

IoT menyebabkan revolusi industri di bidang digital. Alasannya sederhana, yakni karena IoT adalah perangkat kecil yang terhubung ke internet yang dapat meningkatkan produktivitas. Bahkan dapat  meminimalkan pengeluaran tak terduga dan memengaruhi keamanan kerja.

  • Pabrik digital

Di era IoT, banyak  pabrik canggih di mana sebagian besar peralatannya terhubung dan memiliki kinerja yang luar biasa dibandingkan dengan manual. Mulai dari manajemen jarak jauh, otomatisasi proses, dan pengoptimalan memberikan hasil yang signifikan. Efisiensi pabrik-pabrik ini semakin menumbuhkan penerapan sistem manajemen persediaan.

Kini tak sedikit perusahaan yang sebagian besar kinerjanya otomatis dengan perangkat lunak khusus untuk meminimalisir kesalahan manusia. Selanjutnya, beberapa pekerjaan rutin dapat dipercayakan kepada mesin, yang dapat bekerja sepanjang waktu. Hal ini menjadikan produktivitas kerja yang lebih tinggi namun dengan biaya yang lebih rendah.

  • Sistem keamanan cerdas

Sistem keamanan modern dari IoT dapat melakukan lebih dari sekadar mengamati situasi dari kantor yang berbeda. Saat ini banyak sistem keamanan IoT yang menggunakan kecerdasan buatan. Sistem keamanan rata-rata sudah dilengkapi kamera pintar dapat mengenali wajah dan memperingatkan Anda jika ada orang asing memasuki ruangan dengan akses terbatas. Tak hanya itu, sistem keamanan juga biasanya dilengkapi dengan sensor pengenalan suara dan gerakan  untuk membantu mencegah perampokan dan meningkatkan keamanan fasilitas pabrik secara keseluruhan.

 

Logistik dan manajemen armada ditingkatkan dengan IoT

Sistem IoT juga bisa menghubungkan produsen dengan pengecer, logistik. Dalam kemudahan komunikasi pun  keamanan dan keandalan kerahasiaan data juga bisa terjaga. IoT dalam bisnis sudah memungkinkan untuk hal-hal di bawah ini.

  • Pelacakan pengiriman

Melacak pesanan adalah hal yang sangat penting dalam pengiriman internasional. Banyak perusahaan yang kini menempelkan sensor kecil untuk mengirim sinyal tentang lokasi sebenarnya dari barang, sehingga pihak perusahaan dapat memperkirakan waktu kedatangan. Mereka juga dapat melaporkan kondisi pengiriman (suhu, kelembaban, tingkat getaran, dll.) yang sangat bermanfaat saat menangani barang yang mudah rusak.

  • Jarak tempuh dan kontrol biaya bahan bakar

Tak hanya melacak pengiriman, beberapa sensor bahkan juga dapat mengontrol jarak tempuh kendaraan. Hal ini dapat menentukan apakah pengemudi mematuhi rute yang telah ditentukan. Fitur ini hadir bersama dengan kontrol pengeluaran bahan bakar, dapat membantu mengungkapkan pengemudi yang tidak bertanggungjawab dengan menggunakan kendaraan untuk tujuan mereka sendiri.

 

IoT dan ritel

Internet of things tidak hanya membantu memproduksi dan mengirimkan barang tetapi juga merupakan asisten yang sempurna untuk menjualnya.

  • Kondisi penyimpanan dan penjualan

Menjual barang yang mudah rusak adalah risiko besar karena kebutuhan untuk benar-benar mematuhi kondisi penyimpanan yang diperlukan. Sensor pintar dapat menangani tugas ini. Mereka dapat terus-menerus mengukur suhu, kelembaban, dan indikator penting lainnya menyesuaikannya untuk mencapai kondisi yang paling cocok untuk produk yang akan dijual.

  • Penggunaan beacon

Beacon adalah perangkat kecil yang menggunakan Bluetooth hemat energi untuk mengirim pemberitahuan ke smartphone yang muncul dalam radius tertentu. Alat ini dapat membantu menarik pengunjung yang melewati toko dengan penawaran atau diskon, mengirimkan informasi aktual tentang harga produk, dan menampilkan informasi lain yang dapat merangsang pengunjung sesekali untuk melakukan pembelian.

 

Evolusi pertanian dengan IoT

Pertanian dengan Internet of Things telah memberikan banyak perubahan. IoT telah memungkinkan pertanian untuk membuat langkah besar ke depan. Berikut adalah berbagai inovasi IoT di beberapa sector pertanian.

  • Rumah kaca pintar

Pemeliharaan lingkungan di rumah kaca atau tempat budidaya biasanya dikendalikan secara manual. Namun, teknologi modern memungkinkan Anda untuk menyerahkan urusan pemeliharaan ke perangkat lunak. Teknologi IoT memyngkinkan pengendaian sensor mengukur iklim di dalam rumah kaca dan dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan tanaman yang sedang tumbuh. Intervensi manual dihilangkan, menghemat waktu dan uang.

  • Pemantauan tanaman

Teknologi IoT juga dapat mengendalikan Drone untuk memantau pertumbuhan tanaman, menganalisis tanah, dan menyemprot tanaman. Pengamatan area yang luas membantu Anda menemukan penyakit tanaman apa pun pada tahap awal dan memeranginya secara efektif. Ini meminimalkan bahaya untuk panen.

IoT telah meluas ke semua bidang telah menciptakan puluhan aplikasi dari teknologi ini. Bahkan IoT kini telah memiliki pasar dan konsumen sendiri.  Jadi evolusi lebih lanjut dari IoT untuk usaha kecil dan menengah tidak perlu dipertanyakan lagi. Nah, apakah bisnis Anda ingin memperoleh manfaat dari penerapan IoT? Monster Mac, siap membantu kebutuhanmu !