Penerapan IoT di bidang kesehatan sangatlah berguna dan membuat pekerjaan berat dapat dilakukan dengan ringan. Dan dibawah ini saya akan jelaskan kepada Anda bagaimana IoT bekerja pada dunia kesehatan. Sebelumnya kalo ada yang belum tau apa itu iot, saya akan jelaskan sedikit.

Internet of things yang biasa disebut IoT adalah suatu konsep yang bertujuan untuk meluaskan dan memanfaatkan fungsi suatu alat dengan bantuan koneksi internet yang terhubung.

Bagaimana kok bisa ? dengan perangkat yang bisa berbagi data, remote kontrol serta program di dalam perangkat tersebut. Teknologi ini sangat luas dan bisa digunakan pada benda apa saja, misalkan bahan pangan, elektronik, koleksi dan barang lainnya. Termasuk apapun yang terhubung ke jaringan lokal dan internet.

Penerapan IoT di Bidang Kesehatan

Kasus di Amerika adalah 80% anak berumur 3 tahun disana mengalami infeksi di telinga. Nah dengan adanya masalah tersebut, sebuah aksesoris bernama Oto Home sekarang bisa digunakan layaknya otoskop, alat yang dipakai dokter untuk melihat bagian dalam pada telinga pasien.

Aksesoris buatan cellScope ini bisa digunakan dirumah untuk orang yang mengalami gangguan di telinga, caranya adalah dengan ambil gambar dan video pada telinga menggunakan kamera iPhone, kemudian video bisa dikirim melalui email dengan biaya yang sudah ditetapkan, setelah itu dokter akan mendiagnosa dan memberikan resep obat.

Dengan munculnya Oto Home dapat membantu bagi keluarga yang memang mereka tinggal di area terpencil dan jauh dari rumah sakit atau klinik. Jadi setiap anak yang sakit akan cepat mendapat tanggapan dari dokter anak walaupun dengan jarak yang jauh.

 

penerapan iot bidang kesehatan

Kemajuan dari teknologi IoT saat ini sudah menyebar ke banyak bidang termasuk yang saya tulis di bidang kesehatan. Orang yang belum paham dengan teknologi, mereka akan merasakan transformasi teknologi wearable ini. Ada dari satu laporan yang ditulis oleh ECRI instate,

Adanya berbagai produk wearable, melalui teknik analisis data yang besar, sudah teruji efektif untuk mendiagnosa penyakit seperti stroke otak sampai serangan epilepsi. Bahkan diyakini teknologi IoT ini akan terus berkembang dan dapat mendiagnosa penyakit speerti kejang, tremor dan mungkin akan terus berkembang.

Dengan adanya teknologi IoT kita harus membuka wawasan bahwa kemajuan teknologi sudah didepan mata. Sekian dari saya mengenai informasi penerapan IoT di bidang kesehatan. Jika Anda ingin melanjutkan diskusi mengenai ioT, atau Anda ingin mencoba menggunakan teknologinya, bisa hubungi di bawah ya.

Whatsapp