Monstermac.idMesin penjual otomatis atau biasa dikenal sebagai Vending Machine dapat menjual berbagai barang secara otomatis. Cukup masukan uang dengan nominal yang tertera dalam produk, atau inovasi terkini dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi dan barang yang di inginkan akan keluar secara otomatis. Di era digital payment, mesin ini bertransformasi jadi alat menjual yang praktis. Vending machine biasanya terdapat di tempat-tempat keramaian. Seperti apa vending machine saat ini yang banyak digunakan di berbagai negara termasuk negara Indonesia.

Pemanfaatan digital payment pada vending machine saat ini semakin marak. Tak ada lagi koin-koin uang yang dimasukkan ke mesin ini, kini vending machine sudah menyatu dengan uang elektronik atau e-money.

Menurut sejarah sekitar tahun 100 SM. Kala itu, Heron dari Alexandria, mendeskripsikan dan mengilustrasikan mesin yang dapat mengeluarkan air suci (sacrificial water) ketika koin dimasukkan.

mesin penjual otomatis

Mesin penjual otomatis modern berbasis koin lahir di akhir abad ke-19. Kala itu, di tahun 1883, Percival Everitt menciptakan vending machine yang menjajakan beragam benda pos, seperti amplop, kartu pos, dan kertas catatan, dengan memasukkan koin dengan nilai tertentu.

Vending machine yang menjual minuman kali pertama lahir di tahun 1890. Mesin model ini muncul di Paris, Perancis, orang-orang dapat membeli bir, wine, atau minuman keras lainnya menggunakan vending machine.

Di Amerika Serikat sendiri memiliki Slogan khusus untuk Vending Machine ini yakni “Coffee, Candy, Cola” alias 3C. Kata “Coffee” merepresentasikan berbagai jenis minuman hangat, “Candy” merepresentasikan berbagai jenis makanan ringan, dan “Cola” merepresentasikan berbagai jenis minuman dingin. Slogan 3C, seiring perkembangan keinginan konsumen, ditambah dengan kata lain, salah satunya “Cigarettes.”

Mesin penjual otomatis terdiri atas dua jenis, product-oriented vending machine dan service-oriented vending machine. 

  1. Product-oriented merupakan vending machine yang menjual barang jadi, semisal makanan.
  2. service-oriented merupakan vending machine yang menjual jasa.

Jika melihat kembali definisi vending machine yang tertera di atas, telepon berbasis koin yang berada di pinggir jalan bisa disebut vending machine, yang berjenis service-oriented.

wartel

Jepang menyebut bahwa vending machine, terutama yang menjajakan minuman ringan, memiliki tiga mesin berbeda. Ketiga mesin itu ialah Pump-type, Pressurized-type, dan BIB-type.

  1. vending machine bermesin Pump-type mengelaurkan produk seperti minuman ringan dengan teknik pompa.
  2. vending machine bermesin Pressurized-type, minuman ringan dikeluarkan dengan teknik tekanan.
  3. Terakhir, pada BIB-type alias Bag in Box, mesin mengeluarkan minuman dengan kantong-kantong yang telah terlebih dahulu terisi minuman yang dikehendaki.

Mesin Penjual Otomatis dan Media Pembayaran Digital

vending machine wechat

Di Cina wechat mengeluarkan digital payment wechat pay dan Ali pay dimana cukup besar penggunaanya.  Saat ini beberapa perusahaan membuat vending machine dengan pembayaran menggunakan digital paymen sesuai aplikasi yang mereka gunakan. 

Tidak ingin kalah perusahaan  Steve Jobs juga memiliki layanan digital payment bernama Apple Pay, bekerjasama dengan pihak penerbit vending machine. Di saat peluncuran, terdapat 40 ribu vending machine yang menjual minuman dingin yang mendukung Apple Pay.

Vending machine itu akan mengeluarkan barang yang dikehendaki pembeli ketika ia membayar memanfaatkan layanan digital payment, Tinggal memindai QR Code pada barang yang dikehendaki di vending machine.

Kehadiran vending machine generasi terbaru yang mendukung digital payment sangat menguntungkan.

  1. Tidak perlu mengeluarkan uang kembalian seperti yang terjadi pada vending machine konvensional.
  2. Tidak perlu adanya pembulatan harga bila tidak genap jumlahnya.
  3. Dapat mengeluarkan harga yang presisi

Vending machine yang sudah berkolaborasi dengan digital payment menjadi solusi baru dalam transaksi dan media pembelian secara otomatis.

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile