Majunya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) berkembang cukup pesat. Didukung internet, alat digital semakin canggih, pekerjaan dan aktivitas harian kini pun sudah sidikit demi sedikit dibantu oleh AI. Salah satunya adalah keberadaan Virtual Assistant dalam memberikan kontribusi dalam bidang pelayan konsumen (Customer Service). 

Saat ini mulai banyak platform-platform yang memakai teknologi AI ini unruk untuk lebih memudahkan aktivitas masyarakat modern saat ini. Mulai dari media sosial, website dan internet yang menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari dalam mengikuti perkembangan zaman ini.

Virtual Assistant

Manfaat Virtual Assistant

Adanya Virtual Assistant yang dilengkapi kecerdasan buatan memiliki banyak fungsi dan benefit bagi kita. Apa saja benefitnya? Berikut di bawah ini

1. Resiko Keselahan Minim

Vitual Assistant dapat meminimalisir eror karena mereka biasanya lebih konsisten dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya. Tak hanya itu, mereka bisa bekerja lebih cepat dan akurat. Sehingga dari data-data yang ada mereka dapat lebih efisien.

Baca Juga : Artificial Intelligence Bisa Diterapkan dalam Bidang Pendidikan ?

2. Mengurangi Biaya

Tak hanya mengurangi sumber daya manusia dalam bisnis, Virtual Assistant pun juga bisa menekan biaya operasional. Sehingga penggunaan Virtual Assistant membantu perusahaan dalam melakukan pelayanan pada pelanggan, seperti tanya jawab dan beberapa kebutuhan lain.

3. Membantu Customer Service

Seperti yang disebut di atas, Virtual Assistant dapat membantu aktivitas komunikasi perusahaan dengan pelanggan hingga membantu aktivitas harian. Sehingga tenaga manusia dapat lebih fokus untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lebih penting dan khusus.

4. Praktis

Tak perlu pusing dan khawatir lagi, adanya Virtual Asistant juga membantu perusahaan dan tenaga kerja manusia dalam hal berkirim pesan dan surel. Kerja AI dalam merespon pelanggan relatif cepat dan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia

5. Efisien, Akurat dan Sistematis

Pelanggan akan dilayani oleh AI yang selalu siap siaga selama 24 jam. Virtual Assistant akan membalas semua pesan yang diterima. Hal ini akan menekan sangat banyak biaya operasional karena tidak memakan banyak biaya untuk membayar karyawan lagi.

Tak hanya itu, Kemampuan Machine Learning dan Deep Learning dalam AI juga senantiasa mengembangkan sistem kinerja Bot. Pengembangan ini dilakukan secara otomatis dengan tujuan agar otak bot yang kedepannya dapat seperti manusia. Sistem yang terus berkembang ini juga sangat akurat dan sistematis sejak awal diprogramkan.

Nah, Apakah kalian sudah mengenal seperti apa Virtual Asistent berbasis AI ? Saat ini banyak bisnis berkembang dengan cepat dengan memakai teknologi ini untuk dapat menarik perhatian langsung

Baca Juga : Yuk Kenali Apa itu Kecerdasan Buatan? Dan Simak Tipe-Tipenya


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami