Pengertian Teknik Hot Print Hot

Hotprint adalah sebuah teknik didunia percetakan, dimana tulisan atau gambar nampak mengkilat dan timbul menggunakan tinta Emas, Silver dan warna sebagainya. Namun bukan berarti terbuat dari tinta emas, tinta emas hanya sebuah sebutan agar memudahkan antara pemesan undangan dengan pembuat undangan. Karena banyak juga yang masih asing dengan kata-kata Hotprint. Warna-warna yang dihasilkan Hot print diperoleh dari Aluminium Foil

Berikut penjelasan mengenai Aluminium Foil:

Aluminium FOIL

Dengan menggunakan lembaran aluminum foil yang khusus dikembangkan untuk pencetakkan, teknik ini memanfaatkan panas mesin Heat / Hot Press untuk melakukan pentransferan gambar / bentuk yang diinginkan. Untuk media kertas / plastik maka biasanya membutuhkan sebuah moulding / plat cetak untuk dapat menghasilkan bentuk yang ingin dicetak. Namun untuk di media kain / textile / kaos, sistem pentransferannya hanya membutuhkan lem perekat khusus untuk dapat merekatkan lembaran foil tersebut ke kain. Untuk menghasilkan bentuk / gambar yang dikehendaki, maka anda dapat menyablonkan lem untuk foil tersebut dengan cara sablon yang seperti biasa, lalu anda tinggal melakukan pengepressan lembaran foil diatas lem yang telah disablonkan tersebut.

Macam-Macam Foil Untuk Mesin Hot Print

  • Emas/Gold : Foil yang paling sering dipakai untuk pembuatan teks Undangan. Nama dan Inisial pengantin. Foil Gold ini masih tergolong netral untuk segala macam warna dasar.
  • Perak/Gold : Foil ini adalah kedua paling banyak dipakai. Namun juga perlu diperhatikan untuk pemakaian foil gold ini, warna dasar yang terlalu kontras akan membuat foil silver tidak mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Biru Metalic : Foil yang satu ini jarang dijadikan pilihan untuk membuat teks hotprint. Mungkin karena warna yang cenderung gelap. Tetapi meskipun gelap, Foil biru ini tetap memberikan kilauan sama seperti foil emas dan perak.
  • Hitam : Foil hitam ini sebenarnya juga memancarkan kilauan seperti foil emas, perak dan biru. Namun tingkat kilauannya memang lebih redup dari ketiga foil diatas.

Foil ini juga tidak terlalu populer oleh dikalangan orang awam percetakan. Sehingga jarang yang menggunakan ini. Namun foil ini akan dapat memberikan kesan yang sangat berbeda ketika bahan dasar yang digunakan berwarna coklat muda dan memiliki tekstur.

Berikut ini adalah hasil dari proses teknik Hot Print :

teknik hot print

 

teknik hot print

 

teknik hot print