Memulai bisnis vending machine terlihat mudah. Bisnis ini merupakan peluang baru di Indonesia, karena saat ini belum banyak bisnis yang menggunakan vending machine. Apalagi dengan adanya vending machine, kita jadi tidak pusing membayar pegawai. Dengan menempatkannya di tempat yang potensial, keuntungan bisa berlipat ganda. Seperti tempat hiburan, pusat perbelanjaan hingga gedung perkantoran. 

Struktur Bisnis Vending Machine 

Bisnis vending machine tergolong sebagai model bisnis yang fleksibel. Dengan modal awal yang tergolong rendah, vending machine dapat memperoleh keuntungan. Namun mesin juga harus ditempatkan di area yang relevan masih agar dapat memperoleh keuntungan.

Untuk memulai bisnis ini, pertama-tama Anda perlu menyusun perencanaan yang sesuai dengan anggaran Anda. Biaya awal memang rendah, tetapi Anda juga perlu mempersiapkan apabila saat menjalankan bisnis nanti Anda mungkin perlu memperbaiki mesin atau jika ada kemungkinan untuk meningkatkan produk Anda.

 Aspek keuangan lainnya juga dapat berupa biaya sewa area untuk menempatkan vending machine Anda. Lalu bagaimana cara memulai bisnis ini?

bisnis vending machine

Cara Memulai Bisnis Vending Machine

1. Pertimbangkan Produknya

Vending machine biasanya hanya menjual makanan ringan dan minuman. Jika Anda berpikir untuk bergabung dengan bisnis mesin penjual otomatis ini, Anda mungkin memiliki beberapa ide kreatif yang bisa dicoba. Secara umum, ada empat kategori yang dapat Anda pertimbangkan: makanan & minuman, penjual massal, multipurpose vending, dan opsi kemitraan.

Makanan & minuman – Bisa bervariasi dari minuman saja, snack saja, atau keduanya. Beberapa mempertimbangkan untuk memiliki berbagai jenis vending machine di satu lokasi, atau sebaliknya, satu mesin di beberapa lokasi.

Multipurpose vending – Biasanya muncul sebagai smart vending machine, dan mereka dapat menjual hampir semua hal. Produk kecantikan, benda-benda penting untuk traveling, atau produk elektronik kecil, itu semua hanyalah beberapa dari banyak hal yang dapat dimasukkan ke dalam mesin ini. 

Baca Juga: Layanan ATM Security Menjaga Uang Tetap Aman di Dalam Mesin ATM

2. Tentukan Lokasi

Setelah memilih kategori yang disebutkan yang ingin Anda mulai, menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis Anda juga merupakan faktor penting yang tidak dapat dipilih secara acak. Vending machine standar yang menjual makanan ringan dan minuman bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk diletakkan di gedung perkantoran daripada di tengah pusat perbelanjaan. Namun di sisi lain, mesin penjual otomatis kecantikan tumbuh subur di pusat perbelanjaan dan tidak akan mendapat perhatian di gedung perkantoran. Anda juga dapat membaca tentang cara memilih lokasi untuk meletakkan mesin penjual otomatis.

3. Jenis Vending Machine

Anda telah memilih produk dan lokasi, langkah selanjutnya adalah memilih vending machine yang tepat. Misalnya, banyak dari vendor vending machine menawarkan tiga opsi jenis mesin  dengan dua kategori: analog dan digital.

Singkatnya, digital adalah yang memiliki layar sentuh LCD dan yang analog adalah vending machine standar. Kedua tipe tersebut dapat disesuaikan dengan desain dan branding Anda sendiri. Untuk versi analog, mesin cocok untuk makanan ringan dan minuman. Sebab mesin menerima uang tunai, sehingga dapat ditempatkan di area di mana orang memiliki masalah dengan pembayaran online dengan aplikasi dan smartphone, misalnya di area sekolah atau pabrik.

  Sedangkan untuk tipe digitak memiliki layar sentuh LCD, dengan nomor yang menunjukkan ukuran LCD dalam inci. Mereka juga terhubung ke Cloud Management System (CMS) di mana Anda dapat memeriksa inventaris dan status mesin Anda bahkan ketika Anda pergi.

Baca Juga: Apa Arti Vending Machine Berikut Manfaat, Jenis dan Cara Kerjanya

4. Menentukan Target Pasar

Sekarang, tentukan target pasar di mana bisnis Anda akan berkembang. Ini juga dapat dilihat sebagai menguntungkan di tempat-tempat hiburan seperti bioskop atau pusat perbelanjaan. Tanpa memiliki toko yang sebenarnya, juga dapat meminimalkan biaya tenaga kerja dan memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Mungkin Anda menjual jajanan sehat dan minuman berenergi tepat di samping gym, atau mungkin Anda ingin berjualan susu dan biskuit di sekolah, atau jajanan dan minuman standar di area pabrik, pilihan bisnis vending ini beragam pilihannya.

5. Stocking Produk, Perbaikan dan Pemeliharaan

Baru-baru ini, sebagian besar vending machine terintegrasi dengan opsi yang lebih cerdas, menggunakan Cloud untuk mengirimkan informasi mesin penjual otomatis Anda dalam beberapa klik dari layar Anda. Beberapa vendor menawarkan fitur Cloud ini, yang disertakan dengan instalasi, pengisian, dan pengisian ulang mesin penjual otomatis Anda. Selain memeriksa stok produk, sistem dapat menampilkan laporan penjualan Anda, jadi ini adalah bisnis yang sangat nyaman untuk Anda, karena dapat Anda periksa terus-menerus walau tidak mengunjungi vending machine Anda. Sistem Cloud juga memungkinkan Anda untuk memeriksa status vending machine jika perlu diperbaiki atau jika terjadi masalah.

Tertarik memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhan bisnismu, lho !