Membuat rumah kontainer sangat unik dan menarik. Dapat dijadikan alternatif membangun rumah dengan konsep yang menarik. Bentuk minimalis sederhana saat ini sudah mulai banyak dimiliki orang, sehingga menjadi hal yang biasa.

Namun membuat seperti ini justru semakin diminati masyarakat sebagai pilihan jenis rumah tinggal yang memiliki kesan unik dan berbeda. Untuk membuat rumah kontainer, Anda dapat memesan atau membeli pada penyedia jasa penjualan modifikasi kontainer yang terdapat pada situs-situs online.

Harga yang ditawarkannya pun sangat beragam dan berbeda-beda. Namun jika Anda memiliki ketrampilan dalam bidang bangunan, Anda juga dapat membuatnya sendiri.

Membangun Rumah dengan Kontainer

Membuat rumah kontainer adalah pilihan membangun rumah dari bahan kontainer baru atau bekas yang ramah lingkungan.

Sebuah kontainer bekas ternyata dapat di daur ulang, dimanfaatkan menjadi sebuah hunian. Benda yang awalnya dianggap rongsokan ini justru saat ini menjadi menarik dan justru banyak diburu orang, bahkan di Indonesia sendiri, membuat rumah kontainer sudah mulai menjamur.

Membuat rumah kontainer dengan memodifikasi sebuah kontainer dengan cara yang tepat dapat membuat kontainer berfungsi dengan baik seperti halnya bahan-bahan dalam membangun rumah lainnya.Sehingga terciptalah sebuah rumah kontainer yang nyaman.

Jika Anda ingin menggunakan sebuah kontainer untuk dijadikan rumah agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka kriteria yang dibutuhkan untuk kontainer yang baik sebagai bangunan yakni harus memiliki kondisi di atas 80 %.

Kondisi ini dimaksudkan sebuah kontainer akan memiliki tingkat korosi yang rendah. Sehingga pilihlah kontainer dalam kondisi tersebut agar saat Anda membangun adalah sebuah rumah kontainer lebih tahan lama.

Namun untuk  membangun atau membuat rumah kontainer, ada beberapa hal yang Anda harus Anda pastikan juga agar selain awet, rumah kontainer Andapun akan terasa nyaman yaitu:

*Harus memiliki jalur instalasi listrik di dalam rumah.

*Ukuran harus sesuai dengan kebutuhan.

*Jalur sirkulasi udara di dalam kontainer harus ada.

*Harus terdapat jalur plumbing di dalam rumah.

*Menggunakan cat primer.

*Ukuran furniture di dalam rumah harus sesuai.

Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda memiliki atau membuatnya, yaitu :

  1. Hemat biaya.

Tidak banyak biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli berbagai macam bahan bangunan seperti semen dan batu bata.

  1. Dapat Dibangun Dengan Cepat.

Dibandingkan rumah biasa, waktu yang diperlukan untuk membangun rumah peti kemas ini ternyata lebih singkat. Sehingga hal ini juga dapat menekan tambahan biaya yang perlu dikeluarkan akibat lamanya pekerjaan.

  1. Memiliki Bentuk Yang Bervariasi.

Sekalipun bentuk dasarnya hanya berupa balok, namun kontainer mudah untuk dimodifikasi dan disusun menjadi bangunan dengan beragam bentuk dan ukuran.

  1. Memiliki Daya Tahan Yang Kuat dan Kokoh.

Memiliki daya tahan terhadap gempa yang lebih baik daripada bangunan biasa. Rumah peti kemas  ini dapat bertahan dari gempa yang berkekuatan hingga 8 skala richter. Wow, ungguh luar biasa.

Demikian ulasan kami. Kami berharap artikel yang kami sampaikan ini dapat membantu Anda mendapatkan informasi ketika Anda tertarik. Terima kasih.

Whatsapp