Vending Machine atau mesin penjual otomatis tentunya sudah tak asing di telinga kita. Mesin yang dapat menjual produk secara otomatis tanpa operator ini biasanya menjual minuman atau makanan kecil. Macam-macam vending machine pun kini juga mulai banyak ditemui di tempat umum. Seperti bandara, stasiun, pusat perbelanjaan, dan beberapa tempat lain.

Tidak hanya menjual makanan dan minuman saja, ternyata vending machine juga menjual banyak benda-benda unik . Nah, berikut adalah ragam vending machine unik yang ada di berbagai negara.

 

  1. Emas

Sebagai salah satu negara terdepan di timur tengah, Dubai tak hanya menjual produk konsumsi saja. Tapi vending machine di sana juga menjual emas. Mulai dari berupa koin emas 24 karat yang dijual mulai dari ukuran 2.5 gram.

Tak hanya Dubai saja, kini Indonesia pun juga sudah ada Vending Machine Emas. Salah satunya adalah Laku Emas dan G24 yang pernah bekerjasama dengan Monster Mac.

 

  1. Kepiting.

Inovasi merupakan kunci sebuah bisnis dapat terus bertahan di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Di Nanjing, Provinsi Jiangsu, China, seorang pengusaha membuat terobosan dengan menjual produknya melalui vending machine, yakni kepiting, yang merupakan salah satu makanan favorit di Cina.

Kepiting yang dijual masih dalam kondisi yang segar karena disimpan pada suhu 3-6 ° C. Untuk menjaga kualitas, kepiting selalu diganti setiap 48 jam sekali. Jadi gak perlu jauh-jauh ke pasar, deh.

 

  1. Kosmetik.

Vending machine memang bisa menguntungkan produsen karena bisa memperluas produksi sekaligus menghemat biaya pemasaran. Tak terkecuali kosmetik. Beberapa perusahaan kosmetik memanfaatkan mesin ini untuk menjual produk-produk mereka seperti yang ada di California ini.

 

  1. Pakaian dalam

Terkenal dengan negara vending machine, Jepang memiliki beragam vending machine yang unik. Salah satunya adalah dengan adanya vending machine yang menjual pakaian dalam. Rumornya, beberapa vending machine tersebut mulai ditarik karena dianggap mengganggu pemandangan.

 

  1. Selada

Jepang memang jago deh dalam soal teknologi, salah satunya karena adanya vending machine yang menyediakan selada ini. Uniknya, mesin ini mampu menumbuhkan selada tanpa bantuan matahari, melainkan dengan menggunakan lampu 40 watt. Dalam sehari mesin ini mampu menghasilkan 60 ikat selada setiap harinya.

 

  1. Cupcake

Ide dari pembuatan vending machine ini cukup unik, loh. Awalnya, Candace Nelson, sang pemilik, ketika sedang hamil anak kedua menginginkan cupcake saat tengah malam. Meskipun ia adalah seorang pemilik toko kue, tetap saja ia tidak bisa mendapatkan cupcake di malam hari.

Dari situlah tercetus ide untuk bisa menjual cupcake hingga tengah malam melalui vending machine. Uniknya, vending machine ini beroperasi selama 24 jam. Mesin ini terhubung langsung dengan pabrik pembuatan kue yang beroperasi 24 jam sehingga cupcake dijamin selalu dalam keadaan enak dimakan

 

  1. Payung

Pemerintah Cina nampaknya sangat memperhatikan kebutuhan warganya dengan sangat detail, termasuk payung. Jadi gak ada alasan aktivitas akan terhambat, karena ada vending machine payung yang mudah diakses.

  1. Rental sepeda

Sebagai salah satu negara dengan pengguna sepeda terbanyak di dunia, Belanda pun juga punya vending machine yang nyeleneh. Nah, bagi kamu yang lagi jalan-jalan di Belanda, kamu bisa menyewa sepeda melalui vending machine ini.

  1. Pizza

Tau gak apa yang menarik dari vending machine pizza ini? Kamu hanya perlu menunggu selama 3 menit untuk mendapatkan “freshly made” pizza. Lebih cepat dari bikin mi instan, nih!

  1. Ganja

Vending machine ganja disini bukan untuk perbuatan ilegal, tetapi ganja yang dijual hanya untuk keperluan medis. Bagi yang ingin mengakses mesin ini, harus memiliki surat izin mengemudi dan  “kartu akses ganja” yang bisa didapatkan dari rumah sakit untuk memastikan ganja tidak akan disalahgunakan selain dari apa yang ditentukan oleh dokter.

 

Nah, bagaimana macam-macam vending machine yang dibahas di atas? Kira-kira bisnis vending machine yang ada di Indonesia bisa semakin menjamur kah seperti di negara lain?

 

Baca Juga : Vending Machine Susu Segar Penuhi Kebutuhan Hidup Sehat Harianmu