Ternyata banyak sekali lho, apalagi jika digunakan dan diakses di Indonesia. Pasti Anda belum tau, jadi izinkan saya untuk membahas mengenai keuntungan menggunakan IoT dibawah ini.

Perkembangan teknologi ini telah mengubah kehidupan dunia, teknologi IoT dapat memudahkan kegiatan sehari – hari kita melalui berbagai alat elektronik sampai alat komunikasi dengan ukuran kecil hingga besar. Tapi biasanya perangkat pada IoT jauh lebih kecil, canggih bahkan hemat pula.

Perangkat elektronik kecil ini dilengkapi dengan software, sensor dan actuator yang terhubung dengan jaringan telekomunikasi dan dimungkinkan setiap perangkat tersebut dapat menerima data dan saling bertukar informasi. Interaksi tersebut dinamakan dengan Internet of Things ( IoT).

Semua aktivitas yang kita lakukan sehari – hari pastinya berhubungan dengan elektronik, seperti televisi, mesin cuci, smartphone, mobil, dan masih banyak kan. Nah dengan IoT, kita bisa menghubungkan berbagai alat elektronik dengan kita tanpa harus berada di dekatnya.

Prisip Kerja Internet of Things

Memilki kemampuan untuk mentransfer data via jaringan tanpa perlu interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT juga sudah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel dan internet.

Dampak Internet of Things

Dampak dari penggunaan IoT yaitu diprediksi akan mampu menghubungkan apapun, misalkan kita sedang berada di jalan untuk pergi meeting, dan mobil tersebut bisa memberikan dan mengambil akses rute yang terbaik dan tercepat, dan mobil pun memberikan pesan teks ke teman kita bahwa kita datang terlambat.

Contoh lain, jika kita bangun telat, dan jam alarm yang sudah disetting jam 6 berdering, dan akan memberitahukan kepada kita untuk menyeduh kopi.

Keuntungan Menggunakan IoT

  1. Monitoring Lingkungan

keuntungan menggunakan iot

IoT akan dapat melihat dan mengontrol kondisi air secara real time di waduk, ini berguna untuk petani yang sedang berkebun untuk memberi informasi tentang kondisi air masih banyak atau sedikit. Lainnya, kebakaran hutan juga dapat dicegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang sudah terintegrasi.

  1. Pengelolaan Infrastruktur

Contoh saja, kereta api, IoT dapat digunakan sebagai pendeteksi kondisi jalur kereta apakah aman atau tidak untuk dilintasi, sehingga palang pintu kereta akan terbuka otomatis tanpa khawatir penjaga kereta tertidur.

Kemudian di pelabuhan, IoT dapat digunakan untuk manifest ribuan barang pada satu container, sehingga data manifest dapat lebih cepat tersedia, hal ini juga baik untuk sistem monitoring pelabuhan yang berguna baik untuk operator pelabuhan manapun.

  1. Bidang Kesehatan

keuntungan menggunakan iot

Peralatan kedokteran saat ini sudah dapat dihubungkan dengan internet, sehingga lebih mudah dalam pengawasan. Jadi para dokter secara khusus dapat memantau kondisi pasien tanpa harus melakukan kunjungan ke kamar pasien masing – masing.

  1. SmartHome

keuntungan menggunakan iot

Fitur pada smarthome ini sangat canggih sekali, Anda bisa memanfaatkan pengendali rumah yang sudah terintegrasi dengan semua sistem rumah untuk meningkatkan penghematan daya listrik, pencahayaan sinar matahari, dan fitur lainnya seperti penutup jendela.

Sistem ini bisa diakses melalui internet, meskipun pemilik rumah sedang berada diluar sekalipun dan bisa menyesuaikan kebutuhan. Jadi, bagaimana tanggapan Anda mengenai hebatnya teknologi IoT, bersedia mencoba teknologi IoT ? bisa klik dibawah.

Sekian dari pembahasan saya mengenai keuntungan menggunakan IoT. Terimakasih