Banyak Kegunaan Internet of Things (IoT) yang mengubah hidup kita. Sebab IoT mengubah objek fisik menjadi ekosistem informasi yang dibagikan di antara perangkat. Sehingga dapat dipakai, portabel, bahkan dapat ditanamkan, membuat hidup kita kaya akan teknologi dan data. Selain itu Aplikasi bisnis IoT sangat banyak. Mesin pintar berubah kapan, di mana, dan bagaimana pekerjaan dilakukan di hampir setiap industri.  Namun apa sih kegunaan IOT bagi kehidupan nyata?

 

Contoh Nyata Perangkat Internet Of Things

1) Smart Home

Smart Home atau Rumah Pintar kini pengaplikasiannya kian diminati. Tak hanya untuk suasana yang lebih modern tapi juga praktis. Bayangkan ketika bangun, bukan oleh alarm yang menggelegar dari ponsel, tetapi karena aroma kopi. Ataupun terbangun karena cahaya yang masuk ke jendela Anda dari tirai yang ditarik ke belakang, dan pijatan lembut atau getaran dari kasur Anda. Lalu Ansa bangun dalam keadaan istirahat karena sensor tidur telah memastikan untuk tidak membangunkan Anda selama putaran tidur REM. Semua hal itu dapat Anda peroleh dengan IoT.

Setelah Anda bangun, asisten Artificial Intelligence (AI) Anda memberi tahu Anda cuaca untuk hari itu. Lalu membuat rekomendasi pakaian berdasarkan ramalan, dan mengumumkan acara kalender Anda, hingga memberi Anda pengingat untuk hari itu 

Dengan teknologi pengenalan wajah, Anda tidak memerlukan kunci untuk masuk dan keluar rumah, pemindaian wajah akan memungkinkan Anda masuk dan mengunci di belakang Anda. Ketika Anda meninggalkan rumah, sebuah sensor berkomunikasi dengan termostat, suhu diatur ulang ke keadaan “tidak aktif” yang diinginkan dan lampu mati secara otomatis untuk menghemat energi. Anda tinggal di rumah pintar, penuh dengan peralatan pintar. Beberapa teknologi IoT ini sudah banyak diadopsi, ada juga yang masih dalam tahap desain, namun semuanya akan menjadi kenyataan di masa depan.

2) Smart Car

Smart Car‎Smart Car or Smart Car is also much loved. Imagine a driverless car that looks like a futuristic movie. However, with IoT revolutionizing the transportation industry, digital technology has entered the automotive sector. IoT enables human-to-human, machine-to-machine, and human-to-machine interaction that will shape the way our cars operate. IoT-connected vehicles are now equipped with sensors that allow them to retrieve information from the surrounding environment. These sensors and cameras (like reverse cameras) give the driver a stream of actionable diagnostic information. Some cars even have automatic brakes that react if the sensor catches something in the car’s path that the driver is not aware of. Smart cars connected to IoT can assist in parking, facilitate better car maintenance, and assist in predicting and avoiding collisions (even before danger comes into the driver’s sight).‎

 

Mobil yang terhubung dengan IoT mengirimkan data real-time ke pabrikan, sehingga pabrikan dapat dengan cepat dan akurat menanggapi masalah perawatan atau mesin apa pun. Mobil berjejaring dengan bantuan penggerak, atau yang mengemudi secara mandiri, diyakini dapat mengurangi kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di jalan. Dengan lebih dari 90% kecelakaan mobil dikaitkan dengan kesalahan mengemudi manusia, itu mungkin asumsi yang akurat. Mobil IoT tidak marah atau lelah atau terganggu. Program mengemudi otomatis Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) dirancang dengan teknologi terbaik di kelasnya, memperingatkan pengemudi akan potensi masalah dan mengendalikan kendaraan jika perlu, untuk mengurangi kecelakaan di jalan secara signifikan. Manfaat mobil terhubung lainnya termasuk memberi tahu keluarga atau layanan darurat jika terjadi tabrakan, diagnosa kendaraan otomatis dan pemberitahuan perawatan, dan pelacakan kebiasaan pengemudi untuk tujuan asuransi. Semua ini menambah jalan yang lebih aman.

3) Smart City

konsep smart citySmart City atau Kota Pintar adalah level selanjutnya dari rangkaian ini. Jika Anda tinggal di kota pintar, perjalanan Anda sekarang 15-30 menit lebih cepat dari biasanya. Data transit dapat memberi tahu sebuah kota ketika perlu menambah jadwal angkutan umum di jalur kereta bawah tanah tertentu untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi waktu perjalanan. Kamera lampu lalu lintas dapat mengingatkan kota tentang perlunya menyesuaikan waktu pencahayaan agar mobil tetap bergerak dan mengurangi kemacetan, dan jika terjadi tabrakan, segera beri tahu tanggapan darurat. Angkutan umum dan kontrol lalu lintas yang lebih efisien berkontribusi pada emisi karbon yang lebih rendah, membuat udara kota kurang tercemar bagi penduduk.

Melalui kekuatan IoT, seluruh kota menjadi jaringan digital dan karenanya lebih pintar. Dengan mengumpulkan dan menganalisis  data dari perangkat IoT di berbagai sistem kota, kota dapat meningkatkan kehidupan warganya. Kota pintar juga dapat membuat keputusan yang lebih baik melalui data yang dikumpulkannya. Yakni tentang kebutuhan infrastruktur, permintaan transit, serta kejahatan dan keamanan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi kota pintar saat ini, kota meningkatkan indikator kualitas hidup. Antara lain seperti kejahatan, lalu lintas, dan polusi antara 10-30%. Adanya Teknologi IoT dalam kehidupan sehari-hari yang terhubung  membuat pengalaman hidup yang lebih efisien dan menyenangkan. IoT menjanjikan kualitas hidup yang lebih baik dengan melakukan pekerjaan sehari-hari dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran.