Jenis vending machine di dunia sangat banyak sekali macamnya. Tapi lebih banyak jenis nya di Jepang. Karna orang sana memang lebih suka dengan teknologi dan tidak mau ribet dengan kegiatan jual – beli yang lama. Untuk itu, hadir vending machine. Semua sistem yang dimasukkan dalam vending machine sudah lengkap. Mulai dari memantau transaksi, penyimpanan transaksi, menyimpan history penjualan dengan rapih.

Populernya vending machine ini datang pada akhir tahun 2018, ketika perkembangan teknologi dan internet semakin canggih. Dan semua sistem apapun di Indonesia sudah mulai mengikuti di luar negeri. Banyak teknologi yang baru di Indonesia seperti Internet of Things, Augmented Reality, dan salah satunya Vending Machine.

Dibawah ini saya akan memberikan sedikit produk unik yang dijual dari vending machine di luar negeri. Kenapa luar negeri, karna di Indonesia belum banyak vending machine, dan yang dijual hanya beberapa produk seperti snack, minuman dan rokok.

Inilah Jenis Vending Machine yang Produknya Unik :

  • SmartCar

Jenis vending machine

Disini bukan berarti setelah memasukkan uang akan keluar mobilnya, namun Vending Machine ini menyediakan poster, sticker, informasi dan dealer yang bersangkutan. Ini memudahkan dalam dunia marketing mobil.

  • Pakaian Dalam

Di jepang ada Vending Machine yang menjual pakaian dalam, untuk pakaian dalam wanita. Dan sebenarnya mesin ini sudah di luncurkan sejak tahun 1993, dan banyak menuai protes dan klaim dari masyarakat Jepang, entah karena apa alasannya. Meskipun demikian sampai sekarang Vending Machine ini masih ada.

  • Baju

UNIQLO UT department store di Tokyo, menyiapkan Vending Machine besar untuk menjual T-shirts yang dikemas dalam kaleng plastic transparant.

  • Live Bait

Jika Anda hoby memancing, tapi kebetulan tidak mendapat tangkapan, Anda bisa membeli ikan segar disini sebagai ganti tangkapan ikan Anda.

  • Dasi

Vending Machine ini menjual dasi.

  • Alkohol Whiskey

jenis vending machine

Bagi Anda yang suka minuman beralkohol, terutama Whiskey,anda bisa membeli pada Vending Machine ini.

  • Kepiting

Dengan adanya vending machine menjadi lebih mudah dan efisien dalam melakukan transaksi jual – beli. Tidak repot bagi pelanggan, dan tidak menghemat budget bagi pengusaha yang menggunakannya. Karna satu mesin tersebut sudah bisa melakukan semuanya. Jadi Anda hanya tinggal menunggu income perbulannya.

Tapi, setidaknya Anda hanya membayar teknisi untuk melakukan maintenance rutin setiap beberapa bulan sekali. Atau kalo Anda bisa merawatnya berarti tidak perlu membayar orang lain.

Baca Juga : Perawatan Vending Machine

Jika kita melihat di Indonesia, vending machine belum banyak ditemukan. Hanya bisa ditemukan di tempat besar dan tertentu seperti mall, bandara, stasiun kereta api, dan beberapa kampus di Jakarta. Tapi, diperkirakan 1 – 2 tahun lagi vending machine akan menjadi teknologi yang bisa menggantikan sistem transaksi untuk jadi lebih otomatis.

Dan produk jual yang menggunakan vending machine di Indonesia tidaklah banyak, umumnya kita sering jumpai minuman, snack, dan rokok. MonsterMAC menyediakan custom vending machine bagi Anda yang memang ingin menjual produk.