Bisnis vending machine yang kini kian marak di Indonesia nampaknya menjadi lahan usaha yang menjanjikan. Meskipun termasuk ide baru dalam bidang bisnis, namun modal dalam memulai bisnis vending machine ternyata tidak harus besar. Hal ini terbukti dari mulai banyaknya perusahaan penyedia jasa sewa vending machine sampai kerja sama bagi hasil.

Memulai Bisnis Vending MachineBisnis ini dikatakan cepat untuk balik modal. Hanya dengan satu mesin, Anda bisa balik modal dalam kurun waktu satu hingga tiga tahun. Sebab kini vending machine sudah mulai menggunakan e-wallet, atau sistem pembayaran elektronik. Seperti Dana, Gopay, Ovo dan masih banyak yang lainnya. 

Namun jika masih awam dalam menjalankan bisnis ini. Maka direkomendasikan untuk memilih program vending machine dengan layanan penuh. Yakni di mana  pemasangan, penyimpanan, hingga pemeliharaan produk semuanya dilakukan oleh penyedia jasa tanpa biaya. 

Seiring berkembangnya bisnis ini di Indonesia. Kini tak sedikit provider yang menyediakan sewa atau bagi hasil saja, tetapi vending machine juga bisa dibeli loh. Jadi, bagi pemilik bisnis yang tertarik untuk menjalankan usaha secara dengan keuntungan penuh, maka pemilik bisnis bisa juga  membeli dan menyimpan sendiri vending machine tersebut. Apalagi kini banyak variasi vending machine yang disediakan oleh beberapa perusahaan manufaktur. Seperti vending machine penjual makanan ringan, mesin soda, mesin makanan beku, mesin kombinasi soda dan makanan ringan, mesin kopi panas, dan mesin penjual otomatis juga. Salah satunya adalah Monster Mac.

 

1. Pilih Nama 

Ketika memulai bisnis ini, yang pertama adalah memilih nama yang menjual untuk bisnis vending machine Anda. Lalu jangan lupa daftarkan bisnis Anda dan dapatkan aplikasi lisensi vendor. 

2. Persiapkan Buku Besar

Mulai persiapkan buku besar untuk pencatatan transaksi keuangan, baik pendapatan hingga pengeluaran bisnis vending machine Anda. Jangan lupa juga perhitungkan semua pajak penjualan, termasuk juga lisensi vendor.

3. Perbanyak refrensi 

Anda harus banyak-banyak membaca buku dan artikel tentang bisnis ini dan peluangnya. Untuk memperbanyak refrensi, Anda juga bisa menghubungi toko makanan grosir besar, karena mungkin Anda bisa mendapatkan barang yang lebih murah untuk stok vending machine.

4. Hubungi Penyedia Jasa

Hubungi beberapa dealer dan perusahaan penyedia vending machine. Pilih perusahaan atau sumber yang memberi Anda harga terbaik.

5. Letakkan Vending Machine di Tempat Strategis

Lokasi peletakan mesin pun harus diperhatikan ketika memulai bisnis ini. Sehingga agar cepat balik modal, vending machine harus di tempat yang strategis, seperti sarana fasilitas umum yang menjadi pusat aktivitas masyarakat. Contohnya adalah sekolah, taman bermain, pusat perbelanjaan, dan pusat perkantoran.

 

Jika mesin penjual otomatis yang Anda inginkan tidak ada. Segera beri tahu kami apa yang Anda cari, sebab kami dapat membuat vending machine sesuai yang kebutuhan. Desain vending pun juga dapat disesuaikan dengan yang Anda inginkan.

Nah, dari ulasan  di atas apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa sewa vending machine ?Memang banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis yang tergolong baru ini. Kemudian secara bertahap akan menambah mesin dari keuntungan mereka. Sehingga dalam waktu singkat pemilik usaha dapat  memiliki ratusan mesin untuk hidup penuh waktu di bisnis ini.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Vending Machine Supaya Untung Melimpah


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami