IoT kamera cctv

IoT kamera cctv

Monstermac.idIoT kamera cctv sudah banyak beredar saat ini. Seperti apa sih IoT kamera cctv yang berada di negara kita. Apakah efektif penggunaannya di negara kita dan bagaimana infrastruktur sudah dapat siap? mari kita lihat seperti apa sih..

Kalian tahu Bali merupakan daerah wisata yang terkenal di dunia. keamanan sangat lah penting sebagai destinasi para wisatawan. Di Bali terdapat lebih dari 500 kamera pengawas yang tersebar di sana. 

I Wayan Weda Dharmaja, Kepala Dinas Diskominfo menjelaskan tentang bagaimana titik-titik itu dipilih. “Menentukan titik-titik yang strategis untuk memasang kamera melibatkan Dinas Perhubungan, TNI, dan polisi,”. 

Dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan, pemerintah daerah Bali memasang ratusan kamera pengawas, yang dipusatkan di Kuta. pemerintah daerah adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengadakan dan memelihara kamera pengawas ini, tapi berbagai badan pemerintah lain juga bisa memanfaatkan data yang didapat.

polisi bisa meminta rekaman video untuk mencari tersangka atau Dinas Perhubungan bisa memantau keadaan lalu lintas via ratusan kamera yang ada.

“Kepolisian bisa memantau video yang ditangkap kamera kita,” kata Weda. “Mereka bisa jadi merespons dengan lebih cepat.”

Dia juga mengatakan, polisi dan Kominfo akan sering bekerja sama untuk menyelidiki berbagai kasus. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh kepolisian berkata adanya kumpulan kamera pengawas adalah mereka bisa mengatasi kriminalitas dengan lebih cepat.

Baca juga: Sistem Keamanan Rumah Anti Jebol Maling Dengan IoT

Misalnya, “Kalau dulu, polisi harus menunggu laporan. Sekarang, jika ada orang yang mengganggu wisatawan dan tertangkap kamera, orang itu bisa ditangkap besok atau hari itu juga,” ujar Weda.

Dia membandingkan, sebelum adanya kamera pengawas, kepolisian dan pecalang (polisi tradisional Bali) hanya bisa bergerak jika ada laporan dari korban.

Selain ditampilkan di command center, video yang ditangkap oleh kamera pengawas juga bisa dilihat melalui smartphone. Namun, tidak semua orang memiliki hak untuk melihat video itu. Video juga dilindungi oleh password.

Selain itu, Weda menegaskan, rekaman ini dilindungi oleh enkripsi. Tujuannya adalah untuk mencegah video yang direkam dipublikasikan ke situs publik seperti YouTube. “Kamera pengawas jika disalahgunakan bisa mengganggu privasi orang lain,” kata Weda.

 

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile