Penerapan IoT di Indonesia membuka peluang besar, salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan baru. IoT atau Internet of Things sendiri adalah hasil transformasi digital yang terjadi di berbagai negara, termasuk negara Indonesia.

Menurut kompas, perusahaan – perusahaan di Indonesia sudah menggunakan IoT. Jadi bila Anda belum menggunakannya, bisa hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Prinsip Kerja Internet of Things

Memilki kemampuan untuk mentransfer data via jaringan tanpa perlu interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT juga sudah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel dan internet.

Menerapkan internet of things pada sebuah perusahaan atau kegiatan manusia sehari – hari terbukti dapat lebih efisien dan mengurangi energi yang dikeluarkan pada manusia. Kini semua aspek baik industri dan bisnis sudah menggunakan teknologi robotik dan program.

Di sisi lain, penggunaan IoT juga dapat menumbuhkan ekonomi di Indonesia, dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, maka SDM juga akan lebih baik lagi. Sehingga kehadiran IoT harus dimanfaatkan dengan baik.

Menurut kami, sebagai Vendor IoT di Indonesia, melihat dunia pekerjaan yang baru akan muncul banyak peluang pasar tenaga kerja baru dan bayaran upah yang besar karena membutuhkan SDM yang mengerti di bidang digital.

Mulai dari programmer, teknisi professional, digital marketing sudah tidak ketinggalan. Karena dunia bisnis sekarang sudah mengarah ke internet semua. Bertumbuhnya setiap tahun pengguna internet, memaksa Anda harus bisa pindah dari sistem tradisional ke sistem yang lebih modern.

Keuntungan IoT Untuk Bisnis

  • Efisiensi Produksi

Dengan fasilitas seperti OEE (overall equipment effectiveness) dan TEEP (total effective equipment performance), IoT bisa membantu untuk menciptakan peningkatan produksi dan bisa menghemat dalam jangka waktu yang sangat lama.

  • Failure Rates

Tidak ada efisiensi produksi yang berhasil jika yang terjadi adalah produk gagal dan kemudian ditarik kembali. Dalam hal ini, IoT akan fokus untuk mengenali potensi masalah sebelum produksi gagal dan terjadi kerusakan pada mesin.

  • Intrusiveness

Jika diterapkan pada sistem pemeliharaan, IoT dapat mendeteksi lemahnya mesin dan mengurangi potensi gangguan. Selain itu IoT dapat memfasilitasi pemeliharaan prediktif, melihat masalah pada sistem secara realtime tanpa mempengaruhi masa pakai mesin.

  • Downtime

Dengan kita mengenali potensi masalah yang belum terjadi, IoT bisa meminimalkannya bahkan dapat menghilangkan downtime, khususnya yang dapat mempengaruhi kualitas produk, disamping biaya ganti mesin yang juga masih sangat tinggi. Jadi menggunakan IoT merupakan langkah yang tepat.

Keuntungan lain yang didapat dari setiap penggunaan IoT adalah, pengetahuan, bersedia online selama 24 jam, otomatisasi, kenyamanan dan efektivitas biaya. Perusahaan, Lembaga pemerintah dan pelanggan akan mendapatkan semua keuntungan IoT.

iot di indonesia

Contoh Penerapan Internet of Things di Indonesia

  • 1. Monitoring Lingkungan

IoT akan dapat melihat dan mengontrol kondisi air secara real time di waduk, ini berguna untuk petani yang sedang berkebun untuk memberi informasi tentang kondisi air masih banyak atau sedikit. Selain itu, kebakaran hutan juga dapat dicegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang sudah terintegrasi.

  • 2. Pengelolaan Infrastruktur

Contohnya kereta api, IoT dapat digunakan sebagai pendeteksi kondisi jalur kereta apakah aman atau tidak untuk dilintasi, sehingga palang pintu kereta akan terbuka otomatis tanpa khawatir penjaga palang pintu kereta tertidur.

Kemudian di pelabuhan, IoT dapat digunakan untuk manifest ribuan barang pada satu container, sehingga data manifest dapat lebih cepat tersedia, hal ini juga bermanfaat untuk sistem monitoring pelabuhan yang berguna baik untuk operator pelabuhan manapun.

  • 3. Bidang Kesehatan

Peralatan kedokteran saat ini sudah dapat dihubungkan dengan internet, sehingga lebih mudah dalam pengawasan. Jadi para dokter secara khusus dapat memantau kondisi pasien tanpa harus melakukan kunjungan ke kamar pasien masing – masing.

  • 4. SmartHome

Fitur pada smarthome ini sangat canggih sekali, Anda bisa memanfaatkan pengendali rumah yang sudah terintegrasi dengan semua sistem rumah untuk meningkatkan penghematan daya listrik, pencahayaan sinar matahari, dan fitur lainnya seperti penutup jendela.

Sistem ini bisa diakses melalui internet, meskipun pemilik rumah sedang berada diluar sekalipun dan bisa menyesuaikan kebutuhan.

Masih banyak hal yang berkaitan dengan Internet of Things (IoT), karena memang sangat luas dan dikabarkan IoT akan menggantikan banyak manusia dengan robot.


Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile