Berkembangnya teknologi Internet of Things (IoT) memberikan banyak manfaat di kehidupan kita sehari-hari. Salah satu manfaat IoT adalah di Bidang Kesehatan. Ditambah dengan kemunculan 5G adalah awal untuk mewujudkan potensi transformatif sejati dari IoT. Sehingga ketika pandemi Covid-19 sedang berlangsung,  perawatan kesehatan telah berkembang dan tercipta solusi yang dapat membantu perawatan dari jarak jauh. Nah, apa saja manfaat IoT di bidang kesehatan? Simak ulasan MonsterMac berikut ini !

IoT di Bidang Kesehatan

1. Pemantauan Pasien Jarak Jauh

Bentuk pemantaun pasien jarak jauh ini tak terbatas hanya pada rawat inap di rumah sakit saja, tetapi juga untuk pasien yang ada di rumah. Remote Patient Monitoring (RPM) atau disebut juga Manajemen Pasien Jarak Jauh adalah teknik yang muncul pada teknologi IoT untuk mengumpulkan data pasien. Fakta bahwa RPM mengumpulkan data pasien secara online adalah revolusioner. Adanya penemuan ini adalah proyeksi yang menunjukkan perubahan secara radikal dan mengubah industri perawatan kesehatan.

2. Pelacakan Rawat Jalan

Pelacakan rawat jalan adalah contoh yang bagus tentang bagaimana teknologi IoT telah berkembang untuk meningkatkan layanan kesehatan. Adanya pelacakan pasien online ini membantu tenaga medis untuk memenuhi kebutuhan medis pasien. Mulai dari meningkatkan alokasi tempat tidur, hingga mengidentifikasi kesenjangan dalam proses internal. Lebih penting lagi, pelacakan rawat jalan memungkinkan dokter untuk mempertahankan jadwal mereka secara efisien.

3. Diagnostik Jarak Jauh

Perangkat dan peralatan medis diagnostik jarak jauh berkemampuan IoT  juga memungkinkan dokter memantau pasien  tanpa harus berada di sans. Demikian pula, perangkat ini memungkinkan pasien dengan penyakit yang tidak terlalu parah untuk tetap berada di luar rumah sakit. Sehingga membuat kuota lebih banyak ruang dirumah sakit.

Diagnostik jarak jauh mengandalkan serangkaian perangkat rumahan yang saling berhubungan. Namun kini pengembangan teknologi IoT di bidang kesehatan ini telah berkembang, dengan menggunakan  sensor pintar, diagnostik jarak jauh dapat dilakukan. Mulai dari mengumpulkan dan mengakses berbagai macam data sekaligus, sehingga dapat mengurangi biaya overhead.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Computer Vision Secara Lengkap 

4. Penjadwalan Perawatan di Rumah

Industri perawatan kesehatan kini dengan cepat mengadopsi teknologi untuk meningkatkan perawatan kesehatan.  Pemantauan pasien jarak jauh telah memungkinkan dokter untuk memantau kesehatan pasien dengan sekali klik tombol tanpa terganggu jarak Oleh karena itu, penjadwalan perawatan di rumah yang diaktifkan oleh perangkat IoT telah membuat pekerjaan lebih mudah bagi semua orang yang terlibat. Konektivitas IoT pada perangkat RPM dapat terus memantau dan memperbarui dokter tentang status kesehatan pasien, oleh karena itu, memungkinkan dokter untuk dengan mudah menjadwalkan kapan harus menemui pasien.

5. Konektivitas alat dan perlengkapan medis

Era teknologi telah membuat orang terhubung dalam beberapa cara. Baik itu media sosial, cloud, mesin telusur, atau ponsel, era internet semakin mendekatkan orang.  Teknologi pemantauan pasien jarak jauh (RPM) pun diimbangi dengan konektivitas alat dan perlengkapan medis. Mulai dari timbangan berkemampuan Bluetooth hingga Fitbits dan monitor jantung yang dapat dipakai. Adanya konektivitas perangkat dan peralatan medis sangat penting dalam membawa perawatan kesehatan ke tingkat berikutnya.

Baca Juga : Cara IoT Mengamankan ATM Dari Ancaman Kejahatan 


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami