internet of things yaituKemajuan teknologi kini banyak mempengaruhi kemajuan bisnis, salah satunya adalah teknologi IoT. Tapi apa sih IoT itu? IoT atau Internet of things yaitu sistem perangkat komputasi yang saling terkait dengan mesin mekanis dan digital yang dilengkapi dengan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia.

Kini semakin banyak organisasi di berbagai industri yang menggunakan IoT untuk beroperasi lebih efisien. Sistem ini banyak dipakai karena lebih ringkas dalam memberikan layanan. Sehingga kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan, serta memermudah pengambilan keputusan dan meningkatkan nilai bisnis.

 

Bagaimana cara kerja IoT?

Ekosistem IoT terdiri dari perangkat pintar berkemampuan web yang menggunakan sistem tertanam, seperti prosesor, sensor, dan perangkat keras komunikasi. Sistem tersebut berfungsi untuk mengumpulkan, mengirim, dan bertindak berdasarkan data yang mereka peroleh dari lingkungan mereka.

Perangkat IoT juga berbagi data sensor yang mereka kumpulkan dengan menghubungkan ke gateway atau perangkat edge lainnya, sebagai tempat data untuk dikirim ke cloud. Kemudian data itu dianalisis atau dianalisis secara lokal. Terkadang, perangkat satu saling terhubung dengan perangkat lainnya dan bertindak berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari satu sama lain.

Tidak jarang , IoT juga dilengkapikecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin untuk membantu proses pengumpulan data menjadi lebih mudah dan dinamis. Namun hal-hal seperti konektivitas, jaringan, dan protokol komunikasi sangat bergantung pada aplikasi IoT tertentu yang digunakan.

 

Apa manfaat IoT bagi organisasi?

Internet of things menawarkan beberapa manfaat bagi organisasi. Beberapa manfaat bersifat spesifik industri, dan beberapa dapat diterapkan di berbagai industri. Beberapa manfaat umum IoT memungkinkan bisnis untuk:

  • memantau proses bisnis mereka secara keseluruhan;
  • meningkatkan pengalaman pelanggan (CX);
  • menghemat waktu dan uang;
  • meningkatkan produktivitas karyawan;
  • mengintegrasikan dan mengadaptasi model bisnis;
  • membuat keputusan bisnis yang lebih baik; dan
  • menghasilkan lebih banyak pendapatan.

IoT mendorong perusahaan untuk meningkatkan strategi bisnis mereka. Baik melalui produksi hingga marketing. Secara umum, kebanyakan perusahaan menggunakan sistem IoT paling di manufaktur, transportasi, dan utilitas. Namun beberapa bidang kini juga menggunakan siste IoT. Seperti industri pertanian, infrastruktur, dan otomasi rumah, yang mengarahkan beberapa organisasi menuju transformasi digital.

IoT dapat menguntungkan petani di bidang pertanian dengan mempermudah pekerjaan mereka. Sensor dapat mengumpulkan data tentang curah hujan, kelembaban, suhu dan kandungan tanah, serta faktor lainnya, yang akan membantu mengotomatisasi teknik pertanian.

Kemampuan untuk memantau operasi di sekitar infrastruktur juga merupakan faktor yang dapat dibantu oleh IoT. Sensor, misalnya, dapat digunakan untuk memantau peristiwa atau perubahan di dalam bangunan struktural, jembatan, dan infrastruktur lainnya. Ini membawa manfaat, seperti penghematan biaya, penghematan waktu, perubahan alur kerja kualitas hidup, dan alur kerja tanpa kertas.

Sehingga, dewasa ini IoT menyentuh setiap industri. Termasuk bisnis dalam perawatan kesehatan, keuangan, ritel, dan manufaktur.

 

Kelebihan dan Kekurangan dari IoT

Suatu sistem patilah memiliki kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang ada di sistem IoT.

Beberapa keunggulan IoT antara lain sebagai berikut:

  • kemampuan untuk mengakses informasi dari mana saja kapan saja di perangkat apa pun;
  • peningkatan komunikasi antara perangkat elektronik yang terhubung;
  • mentransfer paket data melalui jaringan yang terhubung menghemat waktu dan uang; dan
  • mengotomatisasi tugas membantu meningkatkan kualitas layanan bisnis dan mengurangi kebutuhan akan campur tangan manusia.

Beberapa kelemahan IoT antara lain sebagai berikut:

 

  • Seiring bertambahnya jumlah perangkat yang terhubung dan semakin banyak informasi yang dibagikan antar perangkat, potensi peretas untuk mencuri informasi rahasia juga meningkat.
  • Perusahaan pada akhirnya mungkin harus berurusan dengan sejumlah besar — bahkan mungkin jutaan — perangkat IoT, dan mengumpulkan serta mengelola data dari semua perangkat itu akan menjadi tantangan.
  • Jika ada bug di sistem, kemungkinan setiap perangkat yang terhubung akan rusak.
  • Karena tidak ada standar kompatibilitas internasional untuk IoT, sulit bagi perangkat dari produsen yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain.

 

Tertarik bisnismu di upgrade dengan sistem IoT? Monster Mac siap membantu kebutuhan bisnismu !