Mesin penjual otomatis atau vending machine menjual makanan dan minuman kepada orang-orang di tengah kesibukan mereka. Banyak orang sering bertanya-tanya bagaimana efektifitas vending mesin dalam meningkatkan keuntungan bisnis. Faktanya adalah,  vending machine bisa sangat menguntungkan jika bisnis itu terstruktur dengan cara yang benar.

Ada banyak uang yang bisa dihasilkan dari vending. Contohnya saja Amerika Serikat (AS), negara yang industri vending machine-nya beroperasi dengan baik. Saat ini ada sekitar 5 juta vending machine yang beroperasi di AS, dari bisnis itu mereka meraup lebih dari $7 miliar USD dalam penjualan tahunan. Sejauh ini, penjualan makanan ringan saja menghasilkan $64 juta USD laba tahunan untuk operator vending machine.

Tetapi seperti bisnis apa pun, ada kemungkinan untuk sukses besar dan gagal. Kuncinya adalah memiliki dukungan yang tepat, strategi yang tepat, dan struktur harga yang tepat.  Untuk memastikan bisnis mesin penjual otomatis menghasilkan uang.

efektifitas vending machine

Berapa Hasil Mesin Penjual Otomatis?

Data seputar keuntungan vending machine mungkin sulit untuk diuraikan. Karena adanya fluktuasi yang begitu luas di seluruh industri. Misalnya, satu vending machine di hotel yang sibuk dapat menghasilkan ratusan dolar sehari, sementara vending machine yang dipasang di jalanan yang sepi dapat menghasilkan sedikitnya beberapa dolar sebulan.

Namun, orang-orang selalu membutuhkan makanan dan minuman saat bepergian. Industri ini juga sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Bahkan, semakin meluas. Berapa banyak yang dihasilkan vending machine juga harusnya tergantung pada jenis mesin, lokasinya, produk yang dibagikan, dan harga barangnya. Tetapi perpaduan yang hebat antara mesin dan produk dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi pemilik bisnis mesin penjual otomatis.

Berapa Biaya untuk Memulai Bisnis Vending Machine?

Tidak memerlukan banyak biaya untuk memulai bisnis vending machine. Tetapi biaya awal bervariasi menurut jalur yang Anda pilih untuk memasuki bisnis.

Memulai bisnis vending machine sendiri dapat dilakukan dengan modal minimal. Tetapi mustahil untuk masuk ke bisnis vending machine tanpa dukungan. Tanpa kontak, tanpa nama merek mapan di industri, tanpa rekam jejak, dan tanpa mentor. Sebab jika modal minim tanpa relasi, pemilik vending machine membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memulai dan menjalankan bisnis tanpa support itu.

Di sisi lain, bekerja sama dengan perusahaan vending machine yang sudah mapan sebagai bagian dari sistem waralaba atau mirip waralaba mungkin memerlukan biaya sedikit lebih di muka. Tetapi ini akan membuat bisnis mesin penjual otomatis sukses sejak hari pertama dengan memberikan dukungan di lokasi. seleksi, kontrak, pemasaran, sumber produk dan banyak lagi.

Untuk menutupi biaya awal yang sedikit lebih tinggi itu, ada banyak pilihan untuk membiayai bisnis mesin penjual otomatis. Mereka termasuk uang tunai, pinjaman pribadi tanpa jaminan, pinjaman pribadi yang dijamin, pinjaman bisnis jangka pendek, pinjaman SBA, jalur kredit ekuitas rumah (HELOC) atau rollover 401 (k) khusus yang dirancang untuk orang yang memulai bisnis. Opsi pembiayaan yang Anda pilih untuk meluncurkan bisnis mesin penjual otomatis akan bergantung pada keadaan unik Anda. Jika memungkinkan, bekerjalah dengan ahli keuangan untuk membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk diri sendiri, keluarga, dan bisnis masa depan Anda.

Margin Keuntungan Rata-Rata untuk Mesin Penjual Otomatis

Seperti yang disebutkan di atas, bisnis vending machine membutuhkan uang untuk memulai. Biaya awal tersebut termasuk mesin, sewa ruang lokasi, inventaris, pemeliharaan, dan banyak lagi. Biaya pasti untuk menjalankan bisnis tergantung pada jenis vending machine yang Anda pilih untuk  operasi pada waktu tertentu.

Penetapan harga juga harus strategis untuk menghasilkan uang. Katakanlah Anda mengoperasikan vending machine minuman dingin dan menjual produk seharga $2 USD atau setara Rp 28.000,00. Tetapi mesin tersebut berada di lokasi yang kurang ideal dan hanya mendapatkan 10 penjualan per hari. Laba bersih mesin itu adalah $20 USD atau Rp 280.000,00 per hari. Jika biaya soda Anda masing-masing $1,50 USD atau Rp 21.000,00 , keuntungan Anda hanya 50 sen atau Rp 7.100,00 per item. Lalu keuntungan keseluruhan Anda hanya $5 USD atau Rp 71.000.00 per hari. Agar keuntungan Anda bermanfaat, Anda harus memiliki ratusan mesin soda di lokasi yang jauh lebih baik.

Sebaliknya, jika Anda memiliki mesin yang diisi dengan makanan ringan yang ditempatkan dengan baik, misalnya, yang menjual 50 item sehari dengan harga masing-masing sekitar $4 USD atau Rp 57.000,00. Memang untung Anda 50 sen  untuk setiap makanan ringan, keuntungan Anda akan menjadi sekitar $175 USD atau sekitar Rp 2.493.793,00 . Jika Anda memiliki beberapa mesin yang populer dan ditempatkan dengan baik, keuntungan Anda akan sepadan dengan pekerjaannya.

 

Faktanya adalah bahwa bisnis vending machine bisa sangat menguntungkan, tetapi seperti bisnis lainnya Anda harus bekerja keras agar berhasil. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis vending machine, Monster Mac bisa membantu Anda lho !


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami