dampak internet of things

 

Di era modern ini, dampak Internet of Things (IoT) memiliki banyak manfaat. Bahkan dampak dari IoT pun juga banyak mengubah hidup kita. Teknologi IoT membuat ekosistem informasi yang dibagikan di antara perangkat dengan menggunakan internet. Namun apa sih kegunaan IOT bagi kehidupan nyata?

Manfaat di Berbagai Bidang

Banyak manfaat IoT yang bisa kita rasakan. Dengan IoT kita bisa menghubungkan bermacam alat dengan koneksi internet, baik itu alat rumah tangga seperti TV kulkas, ac, kompor, lampu, dan entertainment, sampai mesin industri pabrik dan kendaraan bermotor. IoT juga memudahkan kita untul memantau banyak hal, karena sekarang alat-alat bisa terhubung dengan internet dan bisa dimonitor.

Salah satunya adalah untuk memantau cuaca dengan weather station. Di sini kita bisa melihat suhu kelembaban dan tekanan udara di daerah tertentu. Informasi tersebut bis akita dapat tanpa kita harus datang kesana dari smartphone kita .

Di bidang kesehatan pun banyak manfaat IoT  yang bis akita peroleh. Seperti pasien yang butuh monitoring berkala dengan dokter tapi jaraknya jauh. Kini telah dikembangkan alat komunikasi yang dapat memonitor kesehatan mereka.

Tak hanya di bidang kesehatan, di bidang keamanan pun teknologi ini memberikan banyak manfaat.  Rumah pun bisa memakai IoT untuk memonitor keamanan. Apakah ada pencuri yang menyusup ke rumah. Bisa juga memonitor apakah lampu rumah atau alat rumah tangga masih nyala atau tidak ketika kita tidak di rumah. Sehingga kita tidak terlalu kawatir akan keadaan rumah kita ketika pergi jauh.

 

Dampak Positif IoT

Menurut Marina Artiyasa dalam tulisannya yang berjudul Mengenal IoT dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Manusia, begitu banyak dampak positif IoT dalam kehidupan kita. Salah satunya adalah efisiensi dan menghemat tenaga. Contohnya saja jika kita bisa memantau sesuatu dari jarak jauh cukup melalui HP atau melalui computer yang terhubung dengan internet.

Kemudian sistem kerja IoT yang praktis juga akan melahirkan bisnis-bisnis baru. Misalnya, sensor dan kamera bisa dipakai di supermarket mengawasi pelanggan dating terhubung dengan pihak kepolisian. Jadi pihak kepolisian mengetahui kalau ada tindak kejahatan seperti perampokan atau pihak pemilik jadi tahu kalau ada pencurian. Contoh lain di restoran, pengelola bisa memastikan apakah semua pelanggan sudah terlayani dengan baik atau belum, karena setiap meja bisa dilihat dengan kamera dan bisa dimonitoring bahkan oleh smartphone saja.

Dengan IOT maka Layanan lebih cepat, pelayan lebih sedikit, dan modal usaha lebih ringan. Amazon bahkan telah bereksperimen dengan Amazon Go, sebuah cara baru berbelanja di supermarket tanpa kasir. Pembeli menghemat waktu sebab tidak perlu antri di kasir. Toko pun tak perlu menggaji banyak pelayan. Di Indonesia juga sudah banyak toko online yang ada secara fisik tapi bisa dipesan lewat aplikasi sehingga pemasarannya lebih luas.

Dari ulasan dampak internet of things di atas ? apakah kamu berminat upgrade bisnismu dengan teknologi IoT? Monster Mac siap bantu kebutuhan bisnismu !