Untuk memperpanjang usia mesin, merawat vending machine itu penting, lho! Sama seperti badan, jika tidak dijaga kesehatannya maka akan mudah terserang penyakit. Vending machine pun juga begitu. Lalu, bagaimana sih cara merawat vending machine ? Padahal secara tak langsung vending machine adalah penjual kita. Bahkan mesin tersebut sudah bekerja untuk kita 24 jam sehari, jadi sudah jadi kewajiban kita untuk memperlakukan mesin dengan baik.

Nah, untuk merawat vending machine ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Yang pertama adalah bagian utama dari mesin penjual otomatis perlu perhatian khusus dalam perbaikan. Yaitu seperti permukaan pesawat,  pick-up port, jendela kabinet, pengenal koin, penggeser pengangkut, kondensor, evaporator, dll.

Untuk itu, gunakan handuk kering untuk membersihkan badan pesawat mesin penjual otomatis. Jika banyak kotoran, lalu handuk kering tidak dapat membersihkan debu dan noda. Maka cuci bersih mesin dengan air hangat, atau dengan air detergen netral yang sudah diencerkan. Lalu Perlu diingat bahwa handuk tidak boleh terlalu basah, asal untuk membersihkan noda saja.

Baca Juga : Peluang Bisnis Vending Machine Menggiurkan, Begini Cara Memulainya

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan

cara merawat vending machine

Ilustrasi membersihkan kaca jendela kabinet vending machine

Karena vending machine memiliki banyak bagian-bagian yang sensitif. Maka ada beberapa bagian yang memerlukan kehati-hatian ekstra. Jadi, jangan gunakan sabun atau detergen yang mengandung pelarut asam atau basa. Sebab jika anda nekat menggunakannya, maka panel jendela Kabinet, tombol pemilihan, dan bagian lain kemungkinan besar akan berkarat, retak, bahkan pudar. Lalu, ketika mengeluarkan kotoran dari vending machine, tidak diperbolehkan menggunakan pelarut cat, atau obat kimia lainnya.

 

  1. Pick-up Port

Saat mengisi ulang,  kalian harus memeriksa apakah ada noda di port intake. Sebab panasnya suhu di Indonesia membuat mesin bolak-balik dari suhu yang dingin dan panas dari port pemasukan, sehingga mudah membiakkan bakteri. Lalu lampu LED di lemari yang nyaman menarik serangga terbang.

  1. Bagian Jendela Kabinet

Karena Jendela Kabinet adalah tempat untuk memajang sampel produk, maka Jendela Display harus sering dibersihkan. Apalagi karena ada lampu di sana, tak jarang hal ini menarik serangga terbang dan meninggalkan noda. Maka dari itu, penting untuk membersihkannya secara teratur dan berkala. Jangan lupa membersihkan jendela dispaly menggunakan handuk saat mengisi ulang barang, ya!

  1. Acceptor

Acceptor atau yang juga disebut pengenal koin ini terdiri dari sensor uang. Bagian ini adalah untuk menerima uang tunai baik kertas maupun koin. Untuk membersihkan bagian ini, ada beberapa hal berikut yang perlu diperhatikan.

Saluran transmisi mata uang kertas dan akseptor koin biasanya akan meninggalkan kotoran. Saat acceptor dibuka, kotoran akan terlihat.

Maka bersihkan dengan handuk kering atau handuk basah dengan deterjen netral diperlukan. Jika tidak dengan detergen netral, maka hal ini akan secara langsung mempengaruhi operasi acceptor.

Untuk itu, pastikan kalian memeriksa dan membersihkan vending machine sebulan sekali.

  1. Konveyor

Konveyor atau penggeser pengangkut adalah satu-satunya cara untuk memasukkan minuman dan makanan ke dalam mesin. Jika ada kerusakan minuman di mesin penjual otomatis, nisa jadi ban berjalan konveyor  kotor. Sehingga buka pintu bagian dalam untuk memeriksa.

Belt conveyor yang tidak dibersihkan dalam jangka panjang akan merusak mesin. Sehingga perlu dibersihkan dari waktu ke waktu, bersihkan dengan handuk basah. Paling tidak bersihkan konveyor seminggu sekali.

  1. Bersihkan Kondensor

Kalian wajib membersihkan kondensor minimal sebulan sekali. Bersihkan kondensor dengan penyedot debu dan sikat kondensor untuk membuang sampah atau kotoran yang menempel pada radiator kondensor. Kalian harus rajin membersihkan kondensor, jika tidak hal ini akan menyebabkan efek pendinginan yang buruk, peningkatan konsumsi daya, kerusakan pada kompresor yang serius.

Saat membersihkan, jangan gunakan bahan logam seperti sikat pembersih kondensor. Lalu ketika membersihkan, gerakkan sikat ke atas dan ke bawah untuk membersihkan. Jangan gunakan alat pembersih selain menggunakan sikat atau dengan penyedot debu. Jika tidak, mesin akan rusak. Lalu jika akan membersihkan kondensor, unit pendingin harus dibongkar untuk pembersihan tingkat yang lebih dalam bila ada terlalu banyak kotoran.

  1. Menguapkan Piring Evaporator

Piring evaporator adalah tempat penyimpanan kondensat berlebih, lalu air menguap melalui tabung tembaga kondensor.

Sehingga apabila tidak ada air yang meluap setelah penguapan, kalian perlu untuk melepaskan sekat dari piring evaporasi dengan obeng. Lalu keluarkan piring evaporasi untuk menuangkan air kental ke dalam piring evaporasi. Kalian wajib membersihkan piring evaporator setiap dua bulan.

Nah, bagaimana dengan tips dan cara merawat vending machine di atas? Setelah paham bagaimana caranya, pastikan vending machine selalu bersih agar pengunaan lebih awet.

Baca Juga : Jenis-jenis Vending Machine, Dari Minuman hingga Alat Tulis Kantor