Bisnis vending machine sedang menjamur dan berkembang di dunia. Berdasarkan informasi dari ResearchAndMarkets, meningkatnya penggunaan vending machine dapat mendorong pertumbuhan pasar. Karna mesin penjual otomatis ini sangat berbeda dan tidak hanya mengeluarkan produk Anda saja. Tapi mesin penjual otomatis memilki fitur – fitur canggih seperti operasi sistem, manajemen inventaris, analitik pelanggan manajemen transaksi, manajemen platform, serta periklanan digital.

Bisnis Vending Machine Mengubah Sistem Pembayaran

Pada saat dulu kita tau bahwa pembayaran dilakukan dengan uang tunai dan interaksi dengan kasir. Namun adanya vending machine metode tersebut sudah diganti dengan pembayaran digital dan dapat meningkatkan penjualan dengan strategi yang tepat.

Memang kita harus berinvestasi dengan modal yang tidak sedikit pada vending machine. Tapi dengan perubahan jaman, pasti konsumen lebih suka dengan hal yang beda, dan ingin merubah gaya transaksi. Apalagi di jaman yang digital seperti ini.

bisnis vending machine

Meningkatnya pasar dan melihat peluang vending machine membuat perusahaan besar seperti Azkoyen Group, Fuji Electric, GLORY, Sanden Holdings Corp dan termasuk MonsterMac masuk menjadi produsen vending machine. Menurut Grand View Research Inc, meningkatnya kebutuhan konsumen akan mendorong pertumbuhan pasar vending machine. Diperkirakan dari tahun 2019 sampai 2025, industry global vending machine akan mencapai USD 3,72 milliar.

Operasional vending machine dapat membantu menurunkan waktu dan meningkatkan efisiensi. Teknologi mesin ini juga sudah dirancang akan terhubung ke internet, agar dapat dilakukan manajemen data transaksi dan mencegah aksi penipuan serta pencurian. Mesin ini juga terhubung ke cloud untuk dapat di akses dari jarak jauh. Dengan adanya teknologi seperti itu, perusahaan atau pengusaha tidak perlu menambahkan persediaan barang.

Lalu Bagaimana Pasar di Indonesia ?

Jika saya lihat, UKM di Indonesia sangat banyak sekali. Dan itu adalah pasar yang tepat untuk bekerja sama dan mengubah metode penjualan, atau Anda sendiri pemilik usaha. Dengan tujuan penghematan biaya dan mendorong meningkatnya omset.

Mungkin Anda merasa untuk apa investasi dengan mesin ini, karna biaya tidak kecil, dan mengganti metode penjualan yang sudah ada.

bisnis vending machine

Kita lihat berapa banyak sekarang orang – orang yang jualan, dengan produk yang sama. Dengan metode pemasaran yang sama. Apa bedanya usaha kita dengan kompetitor, jika tidak ada nilai lebih dari kompetitor. Mungkin jika kita mau mengeluarkan biaya sedikit untuk mengganti seseatu yang beda untuk konsumen, dengan menghadirkan sebuah mesin yang lebih praktis dan memberikan pengalaman berbeda dari kompetitor. Namun dengan harga produk yang tidak jauh berbeda.

Baca Juga : Manfaat Vending Machine di Indonesia

Toh kita melihat jangka jauh dan perkembangan di dunia digital, sekarang banyak orang sudah memilki dompet virtual, suka bertransaksi secara virtual dan tidak memegang uang cash. Itu dia yang menjadikan vending machine lebih banyak disukai orang saat ini.

Sumber yt : EnjoyAjA GO

Mungkin seperti itu saja yang bisa saya sampaikan pada Anda, mengenai bisnis vending machine dan perkembangannya. Jika berminat dan bertanya lebih jauh tentang vending machine, klik dibawah,

Whatsapp