Seperti di luar negeri, kini di beberapa tempat umum seperti mal, pertokoan, bahkan perkantoran sudah tersedia vending machine. Tapi, apa itu vending machine ? Vending Machine atau mesin penjual otomatis, adalah mesin yang dapat mengeluarkan barang-barang seperti makanan dan minuman ringan. Yaitu seperti minuman soda, rokok, tiket lotre, bahkan kini adapula vending machine yang menjual emas dan permata. Lalu seperti penjual sebenarnya, mesin ini akan mengeluarkan barang setelah kita memasukkan sejumlah koin maupun uang kertas. Kemudian apa untungnya memasang vending machine?

 

Untungnya Mesin Penjual Otomatis Untuk Bisnis Anda

Banyak dipasangnya vending machine saat ini karena mesin ini memberikan banyak keuntungan, yaitu bagi bisnis Anda dan karyawan Anda. Selain memberikan banyak keuntungan, vending machine juga mudah dikelola dan perawatannya. Tidak heran jika vending machine dianggap sebagai solusi ideal untuk meningkatkan bisinis dan kepuasan di tempat kerja.

Sebagian besar perusahaan yang memasang vending machine tidak hanya membuat staff merasa nyaman, tetapi juga nyaman untuk bisnis mereka. Sebab, salah satu keuntungan utama dari memasok vending machine adalah tidak usah memperkejakan penjaga kantin sepanjang waktu. Sehingga mereka tidak terlalu membebani anggaran fasilitas.

 

  1. Biaya overhead rendah

    peluang bisnis vending machine

    Ilustrasi menghitung biaya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vending machine tidak memerlukan staf, sehingga tidak ada gaji tambahan yang harus dibayar untuk staf. Berdasarkan gaji rata-rata di Inggris, perusahaan dapat menghemat hingga £ 30 ribu setahun dengan menggunakan vending machine daripada mengelola kantin sepenuhnya. Apalagi vending machine bisa beroperasi 24 jam sehari, dengan hanya menggunakan sedikit listrik untuk menjalankannya. Secara keseluruhan, ini berarti biaya overhead yang lebih rendah untuk organisasi Anda.

 

  1. Mesin penjual otomatis mudah dikelola

    Ilustrasi membersihkan kaca jendela kabinet vending machine

Mesin penjual otomatis membutuhkan sedikit biaya dalam perawatan. Apalagi jika menggunakan layanan vending machine dengan pengelolaan dari provider, maka perusahaan tidak terbebani dengan tugas mengisi dan merawat mesin Anda. Sebab hal ini akan ditangani oleh tim professional. Namun jika pembelian vending machine tidak sekaligus pengelolaan dari provider, pastikan stok diisi ulang secara teratur.

Pengelolaan transaksi di vending machine pun juga tergolong mudah. Apalagi kini terdapat opsi pembayaran cashless yang menjadi lebih efisien. Sehingga hal ini membuat kitalebih mudah untuk mengambil camilan ketika tidak membawa uang cash.

 

  1. Menjaga staf tetap di lokasi

    Ilustrasi vending machine di perkantoran

Jika perusahaan Anda terletak jauh dari toko, mesin penjual otomatis menyediakan layanan penting untuk para pekerja Anda. Sehingga para pekerja tak perlu repot-repot keluar lokasi kantor untuk membeli barang.

Menjaga staf Anda tetap di lokasi juga memberi banyak keuntungan. Sebab staf Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai, bersosialisasi, dan menyegarkan diri. Kepuasan pekerja yang lebih baik juga dapat menghasilkan profitabilitas 26% lebih baik.

 

 

4. Mesin penjual otomatis dapat menghasilkan uang

ilustrasi uang dari vending machine

Dengan biaya overhead rendah mereka maka Vending Machine adalah aliran pendapatan yang lumayan. Bahkan bisa menjadi pendapatan pasif anda. Apalagi dengan adanya vending machine, banyak biaya yang tidak perlu lagi dikeluarkan karena tidak ada membayar orang untuk menjalankan kantin.