apa itu IoT security

apa itu IoT security

Monstermac.idApa itu IoT security? Keamanan dalam sistem internet sangatlah penting saat ini, karena hampir setiap hari kita menggunakan internet bahkan tiap detik Anda menggunakannya jadi sangat lah kita perlu memproteksi nya agar data Anda aman. 

IoT melibatkan penambahan konektivitas internet ke sistem perangkat komputasi yang saling terkait, mesin mekanik dan digital, objek, hewan dan / atau manusia. Kata “thing” bisa dikaitkan dengan “benda” atau”sesuatu” yang mempunyai pengidentifikasi unik dan kemampuan untuk mentransfer data secara otomatis melalui jaringan.

Jika Anda mengizinkan perangkat untuk terhubung ke internet maka ini membuka celah bagi peretas dan masalah lain seperti kerentanan serius jika tidak terlindungi dengan baik. Penyusup dapat menyerang jaringan yang Anda gunakan. Inilah pentingnya menerapkan langkah-langkah keamanan dan pentingnya untuk memastikan keamanan jaringan dengan perangkat IoT terutama yang terhubung dengan gawai Anda.

Keamanan tidak selalu dianggap prioritas utama selama fase  mendesain produk. Selain itu, karena IoT adalah pasar yang baru lahir, banyak perancang dan produsen produk lebih tertarik untuk memasarkan produk mereka dengan cepat, daripada mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun keamanan sejak awal.

Para pakar keamanan telah lama memperingatkan tentang potensi risiko sejumlah besar perangkat tidak aman yang terhubung ke internet sejak konsep IoT pertama kali tercetus pada akhir 1990-an. Sejumlah serangan kemudian menjadi berita utama, mulai dari lemari es dan TV yang digunakan untuk mengirim email spam, peretas yang menyusup ke monitor bayi dan berbicara dengan anak-anak. Penting untuk dicatat bahwa banyak peretasan IoT tidak menargetkan perangkat itu sendiri, melainkan sebagai titik masuk ke jaringan yang lebih besar.

Produsen dan penyedia layanan harus memprioritaskan keamanan dan privasi produk mereka, dan juga menyediakan enkripsi dan otorisasi secara default, misalnya. Tetapi tanggung jawab tidak berakhir di sana; pengguna akhir harus yakin untuk mengambil tindakan pencegahan mereka sendiri, termasuk mengubah kata sandi, menginstal tambalan saat tersedia dan menggunakan perangkat lunak keamanan.

Pada Desember 2013, seorang peneliti di perusahaan keamanan Proofpoint Inc. menemukan botnet IoT pertama. Menurut peneliti, lebih dari 25% botnet terdiri dari perangkat selain komputer, termasuk smart TV, monitor bayi, dan beberapa peralatan rumah tangga. Serangan pada jaringan industri terus berlanjut, dengan malware seperti Crash Override / Industroyer, Triton dan VPN Filter yang menargetkan sistem IoT dan industri IoT yang rentan.

Mirai, salah satu botnet IoT terbesar hingga saat ini, pertama kali menyerang situs jurnalis Brian Krebs dan host web Prancis OVH pada September 2016; serangan tercatat mencapai 630 gigabit per detik (Gbps) dan 1,1 terabit per detik (Tbps).

Baca juga: Sistem Keamanan Rumah Anti Jebol Maling Dengan IoT

jadi pentingya security dalam sistem IoT sangat penting dan harus di utamakan sebelum membuat suatu produk atau produk itu berjalan. 

Cara melindungi sistem dan perangkat IoT

Apa itu IoT security dan cara melindunginya? Metode keamanan IoT bervariasi tergantung pada aplikasi IoT  dan tempat Anda di ekosistem IoT. Sebagai contoh, pabrikan IoT – mulai dari pembuat produk hingga perusahaan semikonduktor – harus berkonsentrasi untuk membangun keamanan sejak awal, membuat perangkat keras anti-perusak, membangun perangkat keras yang aman, memastikan peningkatan keamanan, menyediakan pembaruan / tambalan firmware dan melakukan pengujian dinamis.

Fokus pengembang solusi harus pada pengembangan perangkat lunak yang aman dan integrasi yang aman. Bagi mereka yang menggunakan sistem IoT, keamanan perangkat keras dan otentikasi adalah langkah-langkah penting.

Demikian juga, bagi operator, menjaga sistem tetap mutakhir, mengurangi malware, mengaudit, melindungi infrastruktur, dan menjaga kredensial adalah kuncinya.

 

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile