Seringkali kita mendengar istilah cloud. Media ini banyak dimanfaatkan sebagai media penyimpanan data berbasis internet oleh individu ataupun bisnis. Tapi, apa itu cloud computing? Media penyimpanan ini adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Sehingga dengan teknologi ini, kalian bisa melakukan pekerjaan layaknya menggunakan computer. Mulai dari menyimpan, mengakses, hingga mengolah data. 

Inovasi ini begitu praktis karena dapat meningkatkan produktivitas kerja tanpa perlu repot mengunduh dan install aplikasi di komputer. Bahkan, Anda bisa menggunakan hardware dan software terbaru dengan lebih murah.  Tak hanya itu, Cloud Computing juga dapat digunakan untuk membuat dan menyimpan dokumen atau mengetes aplikasi hanya berbekal browser dan koneksi internet. Selama ada akses pada jaringan internet, maka perangkat ini dapat diakses di mana pun.

Baca Juga: Apa sih Data Science itu? Lalu Bagaimana Penerapannya?

Saat ini, konsep Cloud Computing ini banyak digunakan oleh orang-orang yang banyak melakukan pekerjaan secara online. Contoh sederhananya seperti fitur Google Drive ataupun Google Docs. Kedua fitur ini dapat diakses dan dapat menyimpan data selama ada akses internet.

Bahkan tak jarang Cloud Computing digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk kebutuhan internal. Mulai dari mengolah data hingga menyimpan data perusahaan. Mereka biasanya mengoptimalkan sistem Data Center yang dikelola sendiri, maupun menggunakan jasa dari pihak ketiga.

Apa itu Cloud Computing

Fungsi Cloud Computing

Inovasi multiguna ini menawarkan banyak kemudahan. Lalu apa saja kemudahan itu? Simak ketiga manfaatnya di bawah ini !

1. Akses Data Mudah

Dengan fitur Cloud Computing yang dapat diakses di mana pun, kalian bisa menyimpan dan mengolah data secara online. Jadi selama terhubung dengan internet, file-file kalian aman di Cloud Computing.

2. Skalabilitas Mudah

Jika Cloud Computing kalian penuh, kalian bisa meningkatkan kapasitas kalian dengan mudah. Kalian bisa memilih paket layanan dengan spesifikasi yang lebih tinggi sesuai layanan Cloud Computing yang ditawarkan oleh penyedia jasa.

 

Baca Juga: Mengenal IoT. Sudah saat nya kalian tahu tentang IoT seperti apa?

3. Mendukung dalam Kerja Remote

Akses data yang mudah dari Cloud Compting juga bisa dimanfaatkan untuk kerjasama dan kolaborasi dalam kerja yang dilakukan jarak jauh atau remote. Misalnya saja ketika kalian menggunakan Google Sheets,  teman maupun rekan kerja kalian juga bisa mengedit sebuah dokumen yang sama dari lokasi yang berbeda.  Work From Home (WFH) jadi semakin mudah bukan? Tak hanya itu, dokumen juga dapat tersimpan secara otomatis dan diolah bersama secara langsung (real time)

4. Fitur yang Selalu Up to Date

Ketika menggunakan cloud computing. Penyedia layanan Cloud Computing biasanya selalu update semua fiturnya. Sehingga kalian tak perlu khawatir jika aplikasi yang kalian gunakan ketinggalan update.

Apakah kalian sudah paham penjelasan apa itu cloud computing dan fungsinya? Jika tertarik dengan artikel ini beri tahu kami, ya !


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami