Vending machine atau mesin penjual otomatis kini mulai banyak tersedia di tempat-tempat umum di Indonesia. Mesin yang biasanya menjual produk makanan dan minuman itu kini sudah mulai sering terlihat di gedung-gedung seperti pertokoan, rumah sakit, pusat kebugaran hingga perkantoran di kota-kota besar. Namun sebagai brand owner ataupun pelaku usaha, pernahkah terbersit di pikiran Anda untuk menjual produk atau dengan vending machine tersebut? Lantas, bagaimana kita bisa mendapatkan vending machine itu? Harus sewa atau beli vending machine,mana yang lebih untung?

Manfaat Sewa Vending Machine

Ilustrasi sewa vending machine

Opsi menyewa adalah pilihan tepat jika Anda tidak berencana menggunakan vending machine dalam waktu jangka panjang. Selain itu harga sewa vending machine juga lebih murah dibandingkan dengan membeli mesinnya. Rata-rata para pelaku usaha memilih opsi sewa untuk meningkatkan  penjualan yang berupa produk berbentuk konsumsi sehari-hari. Dengan menyediakan vending machine di tempat-tempat yang dekat dan sering dilalui target konsumen Anda berada. Maka produk dapat menjangkau target konsumen dan memperluas kanal penjualan.

Namun apabila Anda menyewa vending machine, Anda tidak dapat menikmati 100% keuntungan. Sehingga Anda harus membagi hasil keuntungan sesuai dengan kesepakatan.

 

 

Manfaat Beli Vending Machine

sewa atau beli vending machine

Ilustrasi beli vending machine

Berbeda dengan menyewa, jika Anda membeli vending machine akan ada beberapa benefit yang akan anda terima. Salah satunya adalah Anda berhak atas 100% keuntungan dan memiliki kendali penuh atas produk apa saja yang ada di dalamnya. 

Tak hanya itu, bisnis Anda juga dapat meminta vending machine dengan desain sesuai dengan kebutuhan dan kreativitas. Keuntungan memiliki vending machine sendiri adalah margin keuntungan yang lebih tinggi, fleksibilitas untuk menentukan harga dan produk apa saja yang akan dijual, serta kontrol sepenuhnya atas pelayanan yang ingin ditawarkan.

Sehingga sebelum memilih sewa atau beli vending machine, pastikan Anda memahami alokasi bujet investasi  Anda untuk kesuksesan bisnis Anda. Jadi Anda harus mengukur terlebih dahulu berapa perkiraan modal dan proyeksi pendapatan penjualan Anda. Sebab tiap-tiap produk berbeda-beda kebutuhan pendekatan penjualannya.